» » » Minyak Goreng, Cerita Pendek tentang Ibu

Cerita Pendek tentang Ibu, Minyak Goreng – yang unik adalah tema yang dijadikan pokok cerita dalam cerpen berikut. Dari judulnya tentu saja akan membuat kita semua penasaran, sebenarnya ada kisah apa sih di balik salah satu kebutuhan pokok tersebut? Ya, inilah yang membuat cerita tersebut menarik untuk dibaca.


Karya yang satu ini merupakan cerpen khusus yang dibuat atas permintaan salah satu rekan pengunjung. Beberapa hari lalu ia meminta karya-karya cerita yang sangat berbeda dan belum pernah sama sekali dimuat dalam cerpen lain. 

Ia meminta cerpen seperti itu karena merasa bosan dengan berbagai kisah yang sudah pernah ia baca. Tentu saja sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban kami untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh pengunjung. 

Jadi sebisa mungkin kami membagikan karya-karya menarik yang tidak membosankan. Maka, dari pada lagi-lagi membahas tema-tema melankolis maka kita memilih menghadirkan kisah yang unik.

Sesuai dengan judulnya, karya cerpen ini tentu akan mengisahkan seputar minyak goreng. Tapi tentu topik ini akan dibahas dalam bentuk kisah cerpen yang menarik. 

Anda bisa menebak tidak, kira-kira kisah seperti apa yang berhubungan dengan minyak goreng? Kalau boleh menebak, inti ceritanya mungkin tentang memasak, benar tidak ya?

Dari pada sibuk menebak dan hanya membuat tambah penasaran akan lebih baik jika kita baca saja cerita pendek tersebut. Ya sudah, sekarang kita baca dulu karya sederhana di bawah ini dengan judul “minyak makan”.

Minyak Goreng
Cerita Pendek tentang Ibu

Ada sebuah kisah tentang seorang ibu yang selalu memberikan hidangan yang enak untuk keluarganya. Masakan yang dihasilkan begitu bercita rasa karena memang dibuat dengan penuh cinta kasih oleh seorang ibu.

Bahkan masakan ibu tersebut selalu menjadi pilihan ketika ada orang sedang mengadakan sebuah pesta atau hajatan.

Ibu tersebut berama ibu Sri, dia tinggal dengan anak dan suaminya disebuah perkampungan kecil. Belum tahu apa yang membuat hidangan buatan ibu Sri begitu kaya akan rasa dan begitu lebih nikmat dengan hidangan buatan orang lain pada umumnya. Namun tentu itu sudah pasti resep rahasia dari keluarganya dan secara turun temurun diajarkan.

Pada suatu ketika Sri disuruh oleh pemerintah setempat untuk memasak dalam rangka kegiatan kerja bakti. Ibu Sri menyanggupinya dengan upah yang sudah disepakati. 

Ibu Sri dibantu oleh 8 orang ibu-ibu lainya yang berfungsi untuk membantu ibu Sri dalam memasak dan menyiapkan bahan makanan.

Dengan tangan gesitnya ibu meracik semua bumbu dan mencampurnya dengan sayuran yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil. Sementara itu ibu-ibu yang lainya sedang memasak nasi dan menyiapkan air minum.

Sedangkan para bapak-bapak yang ada diluar sedang sibuk membersihkan jalan dari rumput dan sampah.

Setelah memasak selama hampir 5 jam akhirnya makanan siap untuk disajikan. Ibu Sri meminta ibu-ibu yang lain untuk membawa makanan tersebut kemeja yang sudah disediakan diteras rumah pak lurah.

Ibu Sri,”Pak lurah, makanannya sudah siap,”ucap ibu Sri kepada pak lurah.
Pak lurah,”O, iya buk, bapak-bapak sekalian silahkan bersih-bersih dulu setelah itu kita makan sama-sama”.

“Iya pak”, jawab salah satu bapak-bapak yang bekerja.
Setelah orang –orang tersebut selesai membersihkan dirinya, acara makanpun dimulai.

Pak lurah,”Kalo kurang tambah aja lagi pak, gak papa”.
Bapak-bapak kerja bakti,”Iya pak lurah”.

Mereka pun menyantap makanan tersebut dengan lahap karena memang dalam keadaan lapar makan menjadi lebih lezat. Namun dilihat dari tingkah laku bapak-bapak para pekerja bakti sepertinya mereka makan dengan lahap bukan karena lapar, tetapi karena doyan.

Bahkan ada salah satu dari bapak-bapak tersebut berkata,”Makanannya enak banged ya..?”. Dan di tanggapi oleh rekan sebelahnya,”Iya siapa yang masak ya”. “Enggak tau”, uangkap bapak-bapak tersebut.

Usai makan para bapak-bapak tersebut beristirahat sejenak dengan pak lurah sembari menunggu makanan dalam perut selesai diproses.

Salah satu bapak pekerja bakti,”Pak lurah makanannya enak sekali, siapa yang masak pak..?. terus terang saya belum pernah memakan-makanan seenak  ini”.
Pak lurah,”Yang masak ibu Sri pak, emang masakannya sudah terkenal paling enak dikampung sini”.

Salah satu bapak pekerja bakti,”Apa rahasianya pak ya kok bisa enak seperti ini”.
Pak lurah,”Saya juga kurang tahu pak ya, entar saya panggilin ibu Sri dulu. Ibu Srrrrrriiiiiii.....???!!!”.

Ibu Sri,”Iya pak lurah ada apa ya..?”.
Pak lurah,”Ini bapak ini mau tanya apa rahasianya kok masakan ibu bisa enak”.

Salah satu bapak pekerja bakti,”Iya bu saya penasaran”.
Ibu Sri,”Tidak ada yang istimewa kok dalam peroses pemasakan. Bahkan bumbu yang saya gunakan juga merupakan bumbu yang biasa digunakan oleh orang banyak”.
Salah satu bapak pekerja bakti,”Lalu apa yang membedakan..?”.

Ibu,”Saya memakai minyak makan buatan saya sendiri. Minyak ini berbeda dengan minyak yang terjual ditoko, minyak ini bila digunakan akan menghasilkan cita rasa yang lebih enak daripada yang dijual ditoko”.

Salah satu bapak pekerja bakti,”Siapa yang mengajari ibu membuat minyak yang bisa membuat makanan seenak ini,,..?”.

Ibu,”Saya diajari oleh ibu saya, dan cara pembuatan minyak ini juga berasal dari kakek-kakek ibu saya dan diajarkan secara turun-temurun kepada cucu-cucunya”.
Salah satu bapak pekerja bakti,”O gitu buk ya”.
Ibu,”Iya pak”.

Akhirnya rasa penasaran yang dirasakan oleh masyarakat desa tersebutpun sudah terobati karena memang resep rahasia masakan enak dari ibu Sri hanya terletak dari minyak gorengnya.

Dari situlah banyak orang yang menyarankan agar ibu Sri menjual minyak buatanya kepada penduduk tersebut. Ibu Sri pun menyepakatinya dan kini minyak goreng buatan ibu Sri sangat terkenal. Bukan hanya di desanya saja namun sudah sampai keluar desa.

--- oOo ---

Ada – ada saja ya ide cerita dari cerpen di atas. Sebuah kejadian nyata mungkin menjadi inspirasi dalam penulisan karya cerpen sederhana tersebut. Tapi cukup menarik bukan kisah di atas? 

Nah, makanya tidak salah juga jika rekan semua disarankan untuk rajin berkunjung ke situs ini. Disini ada banyak cerita bagus loh, yang pendek tapi tidak membosankan. Makanya, sebelum lupa silahkan catat alamat situs ini ya. 

Sebagai persembahan berikutnya, di bawah ini sudah disiapkan juga beberapa judul cerita yang mungkin berkenan untuk anda. Silahkan dibaca-baca mana yang menarik. Jika ingin mencari yang lain silahkan gunakan kotak penelusuran. Itu saja, silahkan bagikan cerita ini dengan teman lain. 

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post