» » » Contoh Cerita Mencari Kesuksesan Hidup

Advertisement
Contoh Cerita Mencari Kesuksesan Hidup – dalam menjalani kehidupan, semua orang tentu ingin mendapatkan kesuksesan. Namun, kata “sukses” tidaklah datang dengan sendirinya pada seseorang. Sukses adalah sesuatu yang harus dicari dan juga diperjuangkan. Tidak mudah, bahkan kadang seseorang harus menghabiskan separuh masa hidupnya baru bisa sukses.

Nah, cerita cerpen kali ini berkaitan dengan hal tersebut. Cerpen berikut menggambarkan sebuah perjalanan seseorang dalam menggapai kesuksesan yang diimpikan. Dari kisah yang ada berikut kita semua bisa belajar sekaligus mengambil hikmah dari kisah pengalaman yang dialami oleh sang tokoh.

Kisah cerita sukses seorang pemuda yang cukup menyentuh hati dan bisa menjadi motivasi bagi yang membaca. "Tak ada kata terlambat untuk sukses" benar-benar menggambarkan bagaimana sebaiknya seorang generasi penerus bangsa harus terus berjuang dan semangat dalam menggapai cita-cita. Meski hidup tidak mudah tapi tidak ada yang tidak mungkin.

Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, benar bukan? Jadi, jangan pernah putus asa karena masalah waktu, teruslah berjuang untuk apa yang kita cita-citakan. Begitulah gambaran nasehat dalam cerita yang akan segera kita baca kali ini. 

Sekarang, bagi yang sudah penasaran bagaimana kisah selengkapnya bisa langsung membaca cerpen singkat tersebut di bawah ini. Jangan lupa, untuk anda semua juga sudah disiapkan beberapa cerita lain yang juga memiliki tema yang sama dengan yang ini. Jadi, silahkan cek dan baca juga beberapa cerita lainnya dibagian akhir tulisan ini. 

Tak Ada Kata Terlambat untuk Sukses
Contoh Cerpen Motivasi

Kalau dilihat dari kualitas masa muda, Andy adalah salah satu pemuda yang kurang beruntung. Hal ini karena masa muda yang ia miliki habis tanpa bekas. Sampai usia yang sudah menginjak 25 tahun ia pun masih tidak memiliki arah dan tujuan hidup yang jelas.

Di antara teman sebaya, Andy kecil memang salah satu anak yang cukup pintar, tapi kemampuan itu membuatnya agak sedikit sulit di arahkan. Sampai akhirnya ia pun tidak memiliki latar belakang pendidikan yang cukup. Andy hanya lulusan SMP dan tidak memiliki keahlian apapun.

Sejak selesai sekolah ia pun mulai menjalani petualangan hidup yang keras. Saat itu mungkin ia belum begitu terbuka dan masih sangat tergantung dengan orang tua. Secara perlahan pikiran Andy mulai terbuka, ia pun mulai belajar bekerja.

Seperti anak lain di lingkungannya, Andy mencoba ikut bekerja serabutan, awalnya pergi ke kota mencari pekerjaan. Dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain ia lalui. Tapi dasar Andy, ia tidak nyaman dan kurang bisa menahan ujian. Sampai usia dua puluh tahun ia bolak balik merantau dan tidak betah.

Pada usia itu ia sudah cukup matang dalam berpikir. Ia mulai serius mencari pekerjaan. Dan ketika itulah ia mulai meratapi nasib. Ia mulai sadar bahwa ia tidak memiliki kemampuan apapun yang dijual. Mulailah ia merasa kecil hati dan minder.

Meski begitu ia tidak patah semangat. Ia terus mencoba mencari pekerjaan, mulai dari melamar langsung sampai melalui perantara orang lain. Semua tidak ada hasilnya, paling lama ia hanya bisa bertahan dua atau tiga bulan bekerja. Setelah itu ia sakit dan akhirnya menyerah kemudian pulang lagi ke rumah.

Sampai akhirnya, lima tahun berlalu dalam pencarian. Tak kurang-kurang usaha yang sudah ia lakukan agar hidupnya lebih baik. Sudah banyak juga modal yang orang tuanya keluarkan untuk membantu Andy membuka usaha sendiri. Semua kandas tanpa hasil.

Sampai suatu hari, roda kehidupan Andy pun sampai pada titik balik ketika ia bertemu dengan seseorang yang menasehatinya “Tidak ada kata terlambat untuk sukses Ndy, sekarang wakunya berubah”, nasehat itu membakar hati dan pikiran Andy. Ia pun lantas bertekad untuk lebih keras lagi berjuang.

Satu dua kali mulailah ia sering datang ke rumah Bang Toyib yang memberikan ia nasehat. “Aku bingung Bang, harus mulai dari mana?”, tanya Andy suatu sore. “Mulai dari diri kamu sendiri, kalau bingung mulailah dengan melebur semua dosa-dosa kamu kepada kedua orang tua kamu. Setelah itu bertekadlah untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang kamu miliki. Mulailah bergaul dengan orang yang lebih berkualitas.”

Dari arahan Bang Toyib itulah semangat Andy semakin menggebu. Akhirnya ia memutuskan untuk berhenti melamar kerja dan memutuskan untuk menjadi wirausaha. Mantap, ia membuka usaha counter pulsa. Jalan beberapa bulan, tutup. Modal yang ia miliki habis dan ia harus kembali kecewa.

Ia masih ingat semangat dan tekad yang ia miliki. Dengan dukungan orang tua akhirnya ia mencoba beternak ayam. Sudah bisa menghasilkan, tapi ternak unggas memang memiliki resiko yang cukup besar. Akhirnya ayam yang dipelihara mati semua terkena flu burung.

Habis modal dan hati hancur, ia tak bisa berbuat banyak saat itu. Beberapa bulan kemudian ia diajak salah satu sahabat untuk membuka bengkel motor kecil-kecilan. Dalam usahanya ini ia diuji kesabarannya, sampai berjalan hampir satu tahun mereka tidak bisa mencukupi kebutuhan mereka sendiri.

Ia pun terpuruk, putus asa. Perjuangan Andy mecari kesuksesan ternyata tidak berhenti sampai disitu. Kali ini ia kembali mengadu ke bang Toyib atas segala yang ia rasakan. Suatu hari ia pun bercerita kepada bang Toyib bahwa ia masih ingin mencoba menjadi wirausaha.

Melihat Andy yang masih punya harapan, bang Toyib pun akhirnya memandu Andy untuk memulai usahanya kali ini. “Sudah, kamu pelihara kambing saja Ndy, disana kan masih banyak rumput. Untuk modal sehari-hari kamu bantu abang disini.

Mencari Kesuksesan Hidup

Setengah hari Andy habiskan untuk membantu bang toyib dan setengah hari selanjutnya ia gunakan untuk memelihara kambing. Kali ini terlihat keseriusan dan ketekunan Andy. Tuhan mungkin sudah melihat jerih payah dan perjuangan Andy untuk sukses, akhirnya kambing yang dipelihara pun beranak.

Setelah menghabiskan waktu lima tahun terbuang, siapa sangka diusianya yang menginjak 27 tahun Andy bisa mandiri. Berkat bimbingan dan arahan dari bang Toyib Andy bisa memiliki ternak kambing yang cukup banyak.

Sekarang, jalan terang sudah menyambut kehidupan Andy. Sukses tinggal satu langkah untuk dicapai. Andy pun merasa puas dan sangat bersyukur atas perjalanan hidupnya saat ini.


--- Tamat ---

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post