» » » » Cerpen tema Sekolah, Di Sudut Kantin

Khusus untuk cerita pendek akan kita tambah cerpen tema sekolah yang cukup singkat yaitu dengan judul "Di Sudut Kantin Sekolah". Cerpen kali ini merupakan cerpen bahasa Indonesia dan bukan bahasa Inggris yang seperti biasa kita baca.

Ya, meski menggunakan bahasa lokal namun tentu saja jika dibutuhkan kita bisa menggunakan cerita berikut dalam bahasa lain. Yang pasti ceritanya seru dan menarik makanya saya hadirkan disini. Ini cerita karya asli saya loh, bagus tidaknya silahkan kalian yang menilai sendiri. 

Sekedar bocoran, kisah dalam cerpen kita kali ini berisi cerita seputar pelajar sekolah. Dikisahkan, Sugeng, Hajar dan Ranto adalah murid sekolah menengah atas yang begitu rajin dan giat belajar.

Mereka selalu saja satu langkah lebih maju jika dibandingkan murid lain. Kemampuan mereka lebih tinggi dan mereka rajin mengerjakan tugas sehingga belajar bagi mereka bukanlah sesuatu yang berat dan memberatkan. 

Tidak bisa dilihat jelas bagaimana mereka bisa demikian, tentunya mungkin mereka punya kiat dan tips sendiri agar mereka mudah belajar di sekolah dengan berbagai tugas yang diberikan.

Sebenarnya bagaimanakah kisah yang mereka alami di sekolah? Apakah rahasia murid tersebut agar bisa belajar dengan baik, dari pada penasaran lebih baik kita baca selengkapnya cerpen tema sekolah tersebut!

Di Sudut Kantin Sekolah
Cerita Pendek Oleh Siti

Suasana pagi di SMA Cahaya Langit begitu riuh, tidak seperti murid lain yang kebanyakan sibuk menyiapkan sebagian pekerjaan rumah yang belum selesai, Sugeng, Hajar dan Ranto justru duduk di kantin sekolah menikmati sarapan dengan santai. Pagi itu memang pagi yang super sibuk tapi tidak untuk mereka.

“Gimana Geng, presentasi kimia sudah siap kan?
“Tenang Jar, seperti tidak kenal aku aja…. meski jelek gini aku nih ranking kelas loh….”

“Eiess…. Anak pintar tuh gak sombong Geng….”

Mereka menghabiskan sarapan dengan santai tanpa terlihat terburu-buru sama sekali. Wajar memang, ketiga murid kelas 3 tersebut memang termasuk murid yang pandai dan rajin. Tidak seperti kebanyakan murid lain yang malas mengerjakan tugas, mereka bertiga selalu mengerjakan tugas dengan baik, bahkan saat tugas baru diberikan hari itu juga biasanya mereka telah selesai mengerjakannya.

Itu yang membuat mereka selalu siap mendapatkan ilmu baru saat pelajaran di mulai. Saat mereka di dalam kelas, mereka pun dengan santai mengikuti pelajaran yang diberikan.

“Tidak ada yang istimewa hari ini…datar…”
“Ya, benar, hanya mereka saja yang sibuk mengerjakan tugas yang belum kelar…”

“Itulah untungnya jadi anak rajin Jar,… selalu selangkah lebih maju…”
“Tumben kamu positif To, biasanya Ranto kan terkenal negatif….”

“Iya tuh, salah sarapan kali….”

Sesekali, mereka yang duduk berdekatan saling berbisik saat mendengarkan penjelasan guru di kelas. Meski begitu mereka tetap fokus dan selalu tanggap dengan setiap interaksi yang diberikan oleh guru. 

“Hajar, ….”
“Iya…iya pak….”

“Coba kamu kerjakan soal di depan…”
“Baik pak…”

Hajar yang murid kesayangan semua guru langsung unjuk gigi, meski gigi-nya memang sudah maju, dengan sigap mengerjakan soal yang sudah ditulis di depan kelas…

“Salah tuh Jar, gimana sih kamu….”
“Eh…masak sih, yang mana To… perasaan sudah benar deh, iya gak pak…?

“Hem… coba di cek lagi….”
“Ngeyel kamu, coba perhatikan baris ketiga, hasilnya kan jadi selisih nol koma sekian….”
“Masa sih….”

Akhirnya, meski sempat mendapatkan koreksi dari teman di belakang, Hajar mampu mengerjakan soal tersebut dengan benar. Tepuk tangan pun menyambut meriah….

“Hajar hebaaat pak…..”
“Iya benar, padahal saja saja masih bingung dengan soal itu…”

“Hu…. Dasar kamu aja yang lemoot…..”
“Haa…aha…..”
“Sudah-sudah, sekarang bercandanya kita tunda dulu….”

“Siap pak, tapi saya punya usul bagus nih pak….”
“Usul apa Roki…?

“Gini pak, gimana kalau setiap soal yang sulit kita minta Hajar aja yang mengerjakan, jadi kita tidak perlu susah payah mengerjakan soal itu, benar tidak kawan-kawan….”

“Setuju………”
“Eh…. Enak aja kalian ini, enak di loe gak enak di gua dong….”
“Haaa….aha a..a….”

“Sudah anak-anak, usul Roki memang bagus, tapi itu tidak bagus untuk masa depan kalian, memang kalian mau kalau kalian semua bodoh dan hanya Hajar yang pintar?”

Akhirnya panjang lebar, pak guru pun menasehati mereka, sementara murid-murid hanya tertunduk dan berfikir mengenai apa yang pak guru katakan. Sepertinya, meski hanya bergurau akhirnya mereka mendapatkan nasehat yang sangat berharga bagi hidup mereka sendiri. Belajar di sekolah adalah hak semua murid, dan bukan sebuah kewajiban. Belajar adalah sebuah hak yang harus dituntut dan harus disesali jika itu tidak berjalan dengan baik dengan alasan apapun. 

Tak terasa, bel sekolah pun berbunyi, tanda istirahat pertama dimulai. Murid-murid langsung berhamburan ke luar kelas. Mereka menghabiskan waktu istirahat dengan berbagai aktivitas, ada yang mengobrol, ada yang bermain dan ada juga yang menghabiskan waktu untuk santai. 

Seperti biasa, Sugeng, Hajar dan Ranto pun menghabiskan jam istirahat dengan duduk-duduk di kantin sekolah. Di kantin, mereka memesan beberapa makanan kecil dan es sembari terus melanjutkan belajar. Meski di kantin ternyata pasti ada salah satu yang membawa buku dan mengajak lainnya berdiskusi mengenai pelajaran.

“aku tuh masih bingung dengan materi tentang materi bahasa inggris yang kemarin…”
“Yang mana sih, Geng, perasaan Hajar kemarin juga sudah jelasin ke kamu…”

“Masalahnya gini, semalam aku lihat film yang isinya making appointment tapi percakapannya sederhana benar….”

“Hem…. Kalau di film memang begitu, kadang kan bahasa yang digunakan bahasa gaul sehari-hari…”
“Gitu ya….”
“Ya iyalah Geng, masa begitu saja bingung….”
“Ya gak bingung banget sih, cuma penasaraan aja…”

Ilustrasi: Cerpen tema Sekolah, Di Sudut Kantin
Begitulah, disetiap kesempatan tiga murid tersebut memang selalu saja bisa mengaitkan sesuatu dengan hal yang dipelajarinya di sekolah. Bahkan ketika mereka bersantai di rumah sekalipun. Benar memang kata bapak dan ibu guru bahwa belajar tidak mengenal tempat, tidak mengenal waktu dan tidak mengenal usia. Dimana saja kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kehisupan kita. 

---Tamat---

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post