» » » » » Danang Sutawijaya, Cerita Rakyat Yogyakarta

Cerita rakyat dari Yogyakarta berjudul "Danang Sutawijaya" juga merupakan salah satu cerita yang cukup menarik untuk diikuti. Apa yang dikisahkan dalam cerita tersebut memberikan pesan-pesan yang patut untuk direnungkan.


Salah satu pelajaran yang bisa diambil dari cerita rakyat ini adalah bahwa hendaknya dalam mengerjakan apapun kita harus sabar, fokus dan konsentrasi. Jika konsentrasi terpecah dan atau terbawa emosi maka semua bisa kacau.

Pesan tentang pengendalian emosi terasa begitu menonjol dalam cerita ini. Dan, nyatanya mengenai emosi atau amarah seperti ini memang harus dikelola dengan baik. Istilahnya manajemen emosi.

Untuk rekan yang mudah marah dan terbawa emosi mungkin bisa merenungkan lebih dalam makna dan pesan dalam cerita Danang Sutawijaya ini. Lalu, seperti apasih sebenarnya kisah yang diangkat? Tentu penasaran ya.

Seperti dalam judulnya, cerita ini tentang perjalanan Danang Sutawijaya dalam mengalahkan seseorang yang sangat sakti. Orang tersebut terkenal sakti mandra guna dan tidak ada yang bisa mengelahkan.

Tahu siapa namanya? Ya, namanya adalah Arya Penangsang. Ceritanya Danang Sutawijaya ini akan bertarung sengit dengan si Arya Penangsang. Kenapa mereka bertarung, bagaimana akhir dari pertarungan tersebut? Silahkan baca cerita rakyat bahasa Indonesia berikut.


Jadi, dari cerita di atas kita juga jadi tahu bagaimana awal mulanya kerajaan Mataram itu berdiri. Ya, dalam ceritanya, sewaktu akan berangkat ke Mentoak, Ki Ageng Pemanahan mengajak Danang Sutawijaya untuk ikut serta pindah ke sana.

Demikianlah, tanah Mentoak yang semula berwujud hutan belantara yang mengerikan dan membahayakan, akhirnya berubah menjadi pusat kerajaan besar yang bernama Kerajaan Mataram. Bagaimana, bagus bukan cerita rakyat kali ini?

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post