» » » » Cerpen Singkat Perbedaan Warna Persahabatan

Advertisement
Cerpen Singkat: Perbedaan Warna PersahabatanSukrip dan Supadi  adalah sepasang sahabat yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas Suka Maju kelas sebelas. Persahabatan mereka yang sejak kecil membuat mereka tak terpisahkan hingga suatu ketika ada siswa baru di sekolah mereka yang secara kebetulan duduk di kelas sebelas.

“Krip, ini siswa baru ya?”, Tanya Supadi  kepada Sukrip.
“Iya… betul Di.”
“Kelihatannya dia sendirian” kata Supadi
“Mungkin dia belum punya teman” sahut Sukrip

Lalu Sukrip dan Supadi  berjalan menghampiri siswa baru yang sedang duduk sendirian tersebut.

“Assalamualaikum wr. wb.!! Ucapan salam Supadi menyapa siswa baru tersebut.
“Selamat siang”. Begitulah ucapan siswa baru tersebut membalas salam Supadi.

Mendengar ucapan tersebut menimbulkan pertanyaan di benak Sukrip dan Supadi.

“Maaf, nama kamu siapa?”
“Nama saya Nono”, Jawab siswa tersebut.
“Nama saya Sukrip”
“Maaf, agama kamu bukan Islam ya?”

Sukrip menanyakan pertanyaan yang sejak tadi ada dalam benaknya kepada Nono.

“Agama saya Kristen”, jawab Nono
“Oh… Iya ini waktunya sholat zuhur, kami harus ke Mushola dulu”, Kata Supadi sambil melihat jam yang ada di pergelangan tangannya.
“No, kalau kamu butuh apa-apa cari kami saja” tegas Supadi kepada Nono
“Oh iya, terima kasih teman-teman.” Sahut Nono

Sukrip dan Supadi menunaikan sholat zuhur berjamaah di Mushola sekolahnya. Tetapi Sukrip tidak suka jika dia harus berteman dengan Nono.

“Supadi apa kamu yakin ingin berteman dengan Nono?” Tanya Sukrip kepada Supadi agak berbisik, setelah mereka selesai menunaikan sholat zuhur.
“Yakinlah… memangnya ada apa, kita kan jadi tambah teman?”
“Tetapi aku tidak suka kalau kita harus berteman dengan Nono”
“Memangnya ada apa dengan Nono, dia kan orang baik”, tegas Supadi kepada Sukrip.
“Karena dia berbeda agama dengan kita, jika kamu tetap ingin bersahabat dengan Nono itu terserah kamu”, Sukrip meninggalkan Supadi sendirian yang sedang duduk termenung.

Sesungguhnya ada rasa tidak ikhlas dalam batin Supadi jika harus kehilangan sahabat sejak kecilnya itu dikarenakan dia berteman dengan Nono. Tetapi Supadi juga kasihan melihat Nono yang tidak punya teman karena hanya dia berbeda agama. Beberapa hari kemudian Supadi menemui Sukrip yang sedang istirahat di Kantin Sekolahan.

“Kemana Nono temanmu itu” gerutu Sukrip kepada Supadi.
Supadi tidak mampu menjawabnya, dia hanya terdiam.
“Apakah Sukrip sangat marah terhadapku karena aku berteman dengan Nono” Kata Supadi dalam hati.

Beberapa hari kemudian sesuatu yang tidak di sangka terjadi pada Sukrip, dia sakit hingga tidak dapat masuk sekolah. Mendengar kabar itu Supadi sebagai sahabatnya langsung menjenguknya sepulang sekolah.

“Aku harus menjenguk Sukrip, bagaimanapun juga dia adalah sahabatku” kata Supadi dalam hati sembari melangkahkan kaki menuju rumah Sukrip.
“Assalamualaikum”, seru Supadi sambil mengetuk pintu.
“Waalaikumsalam” jawab Sukrip.
“Oh kamu Di, silahkan masuk”
“Sakit apa kamu Krip, Tanya Supadi.
“Hanya demam aja kok”
“Supadi, aku minta maaf karena aku sudah marah sama kamu.” Terucap pelan dari mulut Sukrip.
“Masalah itu sudah aku maafkan Krip, yang ingin aku tanyakan adalah kamu membenci Nono hanya karena agamanya?” Tanya Supadi kepada Sukrip meminta penjelasan.

“Iya… bukankah orang yang beragama selain Islam adalah orang kafir. Berarti jika kita berteman dengan Nono berarti kita berteman dengan orang kafir.” kata Supadi.

“Orang kafir adalah orang yang berusaha menghancurkan agama Islam, sehingga pada zaman Nabi Muhammad SAW memerangi orang kafir”. Supadi menjelaskan.
“Apakah Nono berusaha menghancurkan agama kita?” tambah Supadi.

Sukrip terdiam mendengar kata-kata Supadi, Islam saja mengajarkan untuk saling mengasihi hewan apalagi kita sebagai sesama umat manusia, pikir Sukrip. Tidak lama kemudian Nono menjenguk Sukrip yang sedang sakit di rumahnya. “Ternyata orang yang selama ini dia benci justru peduli terhadapnya, bahwa perbedaan agama, suku, bahasa tidak bisa menjadi penghalang dalam suatu persahabatan.” Kata Sukrip dalam hati.

Cerpen Singkat Perbedaan Warna Persahabatan

Sekarang mereka menjadi tiga serangkai sahabat yang tidak terpisahkan, yang tidak memandang perbedaan dan menjadikan perbedaan menjadi persatuan.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post