» » Storytelling tentang Cerita Singa dan Tikus

Advertisement
Masih dengan referensi teks storytelling Inggris Indonesia kali ini akan ada satu lagi cerita yang akan kita gunakan untuk story telling yaitu cerita tentang singa dan tikus (The Lion And The Mouse). Cerita anak yang kita gunakan ini merupakan cerita singkat yang disuguhkan dalam dua bahasa agar lebih mudah dalam menguasai alur cerita dan pesan moral yang ada di dalamnya.

Cerita tentang singa dan tikus adalah sebuah cerita yang mengisahkan kebaikan seekor singa dan ketulusan seekor tikus dalam memegang janji yang pernah di ucapkan. Dalam cerita, seekor tikus secara tidak sengaja membangunkan seekor singa yang sedang tidur. Sang singa pun marah dan hendak memakannya namun tikus tersebut memohon untuk dibebaskan dan berjanji kelak akan membantu sang singa sebagai balasan kebaikannya. 

Karena menganggap tikus tersebut bukan makanan yang mengenyangkan maka akhirnya singa pun melepaskannya. Akhirnya pada suatu hari pun sang singa mengalami kesulitan, apa yang dialami sang singa dan bagaimana sang tikus membalas kebaikan singa tersebut? Silahkan baca cerita anak tentang singa dan tikus tersebut di bawah ini.

Storytelling - The Lion And The Mouse

One day a Lion slept in the jungle. A tiny mouse ran over the Lion’s head and down his nose. The Lion awoke with a loud roar. He was very angry. His paw caught the little mouse.

The Lion opened his huge jaws to swallow the mouse “Pardon me. O King, I beg of you. “Cried the frightened mouse.

“If you forgive me this time, i will never forget your kindness. I meant no harm and I certainly didn’t want to disturb your majesty. If you let me stay a live, I can do you a good turn, too”.

The Lion began to laugh. He laughed and laughed. “How could a tiny creature like you ever do anything to help me ? “And he shook with laughter. “Oh well, “he shrugged, looking down at the frightened mouse,” you’re not so much of a meal anyway.

Then, he released his paw from the mouse and the mouse quickly ran away.

Some time after this, some hunters, tried to capture the Lion alive. They set up rope nets in the jungle. The Lion fell in to the trap. He roared and thras hed.

His thunderous bellows sent through the jungle.

The tiny mouse heard the Lion’s roars.

“That may be the Lion who once freed me” he said remembering his promise. And he ran to see whether he could help.

Discovering the sad Lion, the mouse said to him “Stop, stop ! you must not roar. If you make so much noise, the hunters will come and capture you. I’ll get you out of this trap”

With his sharp little teeth, the mouse gnawed at the ropes until they broke. The Lion stepped out of the het and was free. The mouse said. Now, wa i not right ?”

“Thank you, good mouse,” Said Lion gently. “You did help me. I see now that kindness is always worth while’.

oOo

Teks Dongeng Terjemahan - Singa dan Tikus

Pada suatu hari, seekor singa sedang tidur di dalam hutan. Seekor tikus kecil berlari di atas kepalanya dan turun melalui hidungnya. Singa tersebut terbangun dengan suara raungan yang keras. Dia begitu marah. Tangannya menangkap tikus kecil tersebut. 

Sang singa kemudian membuka lebar rahangnya untuk menelan tikus itu. ”Maafkan aku. Oh Raja, aku mohon padamu” tangis sang tikus yang ketakutan. ”Jika engkau memaafkanku kali ini, aku tidak akan melupakan kebaikan yang mulia. Aku tidak bermaksud jahat dan aku benar-benar tidak ingin mengganggu yang mulia. Jika yang mulia membiarkan aku tetap hidup, aku juga akan membalas kebaikan baginda.

Sang singa pun mulai tertawa. Dia tertawa terbahak-bahak. ”Bagaimana mungkin tikus kecil sepertimu dapat melalukan sesuatu untuk membantuku?” dan diapun terpingkal-pingkal. ”Oh baiklah”, dia berusaha melihat tikus yang ketakutan tersebut, ”lagi pula engkau bukan makanan yang banyak.

Kemudian dia melepaskan cengrakam tangannya dari tikus tersebut dan tikus pun dengan cepat melarikan diri.

Beberapa waktu setelah kejadian itu, beberapa pemburu mencoba menangkap sang singa hidup-hidup. Mereka memasang jaring tali di dalam hutan. Sang singa masuk jebakan. Dia mengaung dengan keras. Aungan kerasnya terdengar di seluruh hutan. Sang tikus kecil mendengar raungan singa itu. 

”Itu mungkin singa yang pernah melepaskanku” dia berkata sambil mengingat janjinya. Dan dia berlari untuk mengetahui apakah dia dapat membantunya.

Menemukan singa yang bersedih, sang tikus berkata kepada singa itu ”Berhenti, berhenti! kamu jangan berteriak. Jika kamu membuat banyak keributan para pemburu akan datang dan menangkapmu. Aku akan mengeluarkanmu dari jebakan ini.”

Dengan gigi kecilnya yang tajam, sang tikus menggerogoti tali-tali hingga putus. Kemudian sang singa keluar dari jaring dan bebas. Sang tikus berkata ”sekarang aku benar kan?”

”Terima kasih tikus yang baik,” kata singa dengan lembut. ”Kamu benar-benar membantuku. Aku mengerti sekarang bahwa kebaikan itu selalu bermanfaat.”

oOo

Demikianlah sebuah teks storytelling singkat yang dapat kita nikmati bersama-sama kali ini. Bagi sobat yang masih ingin membaca naskah storytelling lain silahkan cari dibagian kategori bacaan atau melalui pencarian blog. 

Terima kasih telah menemani saya membaca cerita moral anak di atas, sampai bertemu di cerita-cerita singkat lainnya esok hari.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post