» » » » Cerita Legenda Candi Prambanan Indonesia Inggris

Advertisement
Cerita Legenda Candi Prambanan, Indonesia Inggris - Sebuah cerita menarik dari daerah yaitu Legenda Candi Prambanan akan saya bagikan bagi sobat pengunjung setia blog cerita Inggris Indonesia. Saya berharap cerita ini dapat menghibur dan dapat pula dijadikan sarana belajar. Untuk cerita rakyat yang satu ini menceritakan kisah percintaan antara dua orang yang penting. 

Cerita tentang "candi prambanan" ini adalah kisah antara Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang. Singkat cerita, kisah cinta diantara mereka berdua bukanlah kisah cinta yang bahagia tetapi lebih kepada sebuah cinta yang dipaksakan. Dalam hal ini Bandung Bondowoso ingin mencoba menikahi Roro Jongrang yang sebenarnya tidak mencintainya. 

Karena tidak mencintai orang yang ingin menikahinya maka Roro Jongrang membuat persyaratan yang sulit bahwa ia akan bersedia menikah hanya jika sang Bandung Bondowoso dapat membuatkannya seribu candi dan dua sumur yang dalam dalam satu malam. Dengan kemampuan dan kekuatannya ternyata Bandung Bondowoso hampir dapat menyelesaikan persyaratan tersebut tapi Roro Jongrang melakukan kelicikan dengan membuat suasana seolah-olah telah pagi. 

Akhirnya persyaratan tidak dapat dipenuhi dan karena sangat murka maka sang Bandung Bondowoso dengan kekuatannya mengutuk sang putri menjadi arca (patung) untuk melengkapi candi yang kurang tersebut. Begitulah sedikit gambaran untuk cerita legenda prambanan tersebut. Sekarang bagi yang ingin menikmati cerita ini bisa membacanya langsung legenda tersebut di bawah ini.

Cerita Legenda Candi Prambanan - Indonesia, Bagi sebagian orang cerita ini memang sudah tidak asing, namun bagi beberapa pengunjung setia blog ini, cerita candi prambanan ini merupakan cerita dari Indonesia yang layak untuk dinikmati.

Legenda Candi Prambanan
Cerita Inggris Indonesia

Konon tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka. Beliau bertahta di Prambanan. Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya. Meskipun demikian, kalau sudah takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging. Prabu Baka meninggal di medan perang. Kemenangan Raja Pengging itu disebabkan karena bantuan orang kuat yang bernama Bondowoso yang juga terkenal sebagai Bandung Bondowoso karena dia mempunyai senjata sakti yang bernama Bandung.

Dengan persetujuan Raja Pengging, Bandung Bondowoso menempati Istana Prambanan. Di sini dia terpesona oleh kecantikan Lara Jonggrang, putri bekas lawannya -- ya, bahkan putri raja yang dibunuhnya. Bagaimanapun juga, dia akan memperistrinya.

Lara Jonggrang takut menolak pinangan itu. Namun demikian, dia tidak akan menerimanya begitu saja. Dia mau kawin dengan Bandung Bondowoso asalkan syarat-syaratnya dipenuhi. Syaratnya ialah supaya dia dibuatkan seribu candi dan dua sumur yang dalam. Semuanya harus selesai dalam waktu semalam. Bandung Bondowoso menyanggupinya, meskipun agak keberatan. Dia minta bantuan ayahnya sendiri, orang sakti yang mempunyai balatentara roh-roh halus.

Pada hari yang ditentukan, Bandung Bondowoso beserta pengikutnya dan roh-roh halus mulai membangun candi yang besar jumlahnya itu. Sangatlah mengherankan cara dan kecepatan mereka bekerja. Sesudah jam empat pagi hanya tinggal lima buah candi yang harus disiapkan. Di samping itu sumurnya pun sudah hampir selesai.

Seluruh penghuni Istana Prambanan menjadi kebingungan karena mereka yakin bahwa semua syarat Lara Jonggrang akan terpenuhi. Apa yang harus diperbuat? Segera gadis-gadis dibangunkan dan disuruh menumbuk padi di lesung serta menaburkan bunga yang harum baunya. Mendengar bunyi lesung dan mencium bau bunga-bungaan yang harum, roh-roh halus menghentikan pekerjaan mereka karena mereka kira hari sudah siang. Pembuatan candi kurang sebuah, tetapi apa hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka tidak mungkin Bandung Bondowoso menyelesaikannya.

Keesokan harinya waktu Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia mengutuk para gadis di sekitar Prambanan -- tidak akan ada orang yang mau memperistri mereka sampai mereka menjadi perawan tua. Sedangkan Lara Jonggrang sendiri dikutuk menjadi arca. Arca tersebut terdapat dalam ruang candi yang besar yang sampai sekarang dinamai candi Lara Jonggrang. Candi-candi yang ada di dekatnya disebut Candi Sewu yang artinya seribu.

--- Selesai ---

Cerita Legenda Candi Prambanan - Inggris, Masih melanjutkan cerita ini, sesuai dengan judul yang tertera di atas sendiri maka cerita legenda kali ini juga akan dimuat dalam dua versi bahasa sekaligus. Kalau di atas kita sudah membaca versi asli dari cerita ini yang ditulis dalam bahasa Indonesia maka yang membutuhkan terjemahan bisa menggunakan versi di terjemahan Inggris. Versi terjemahan dari cerita menarik ini adalah dalam bahasa Inggris, anda yang membutuhkan versi bahasa Inggris cerita Legenda Candi Prambanan ini silahkan langsung dicek berikut.

Perlu di catat, tata bahasa yang digunakan dalam terjemahan ini mungkin masih jauh dari sempurna maka dari itu yang menggunakan versi terjemahan sebaiknya dikoreksi terlebih dahulu. Terjemahan ini disertakan bukan untuk tujuan lain kecuali untuk tujuan bahan belajar. Diharapkan dengan hasil terjemahan kasar yang ada maka kita bisa berlatih untuk mengetahui berbagai kekurangan yang ada pada bahasa yang digunakan. Baiknya selengkapnya bisa dilihat berikut!

Legend of Prambanan
It is said that is exactly a king named King Baka. He was enthroned at Prambanan. The king of a giant terrifying and great power. Even so, when it's destiny, finally he lost also the King Pengging. King Baka died on the battlefield. King Pengging victory was due to the help of a strong man who named Bondowoso is also known as Bondowoso because he has a powerful weapon called Bandung.

With the consent of the King Pengging, Bondowoso occupy Prambanan Palace. Here he was fascinated by the beauty of Lara Jonggrang, daughter of former opponents - yes, even the daughter of the murdered king. however, he will take her in marriage.

Lara Jonggrang afraid reject the proposal. However, he will not take it for granted. He wants to marry Bondowoso long as the terms are met. The requirement is that he be made a thousand temples and two deep wells. Everything should be completed overnight. Bondowoso agreed, though somewhat objections. He asked for the help of his father, the powerful army which has fine spirits.

On the appointed day, and their faithful Bondowoso and spirits began to build the temple are large in number. It is astounding the way and speed of their work. After four in the morning only five temples to be prepared. In addition, the well was already almost finished.

All the inhabitants of the Palace of Prambanan be confused because they are sure that all requirements will be met Lara Jonggrang. What should be done? Soon the girls were woken up and told to pounding rice in a mortar and laying flowers are fragrant. Hearing the sound of mortar and smell the flowers are fragrant, fine spirits stop their work because they think it was already noon. Making less than a temple, but what about to say, spirits and stopped doing his job without their help may not Bondowoso finish.


The next day Bondowoso time knowing that his efforts failed, not playing angry. He cursed the girls around Prambanan - there will be no one who wanted to marry them until they become old maids. While Lara Jonggrang himself cursed into a statue. The statues are in a great temple which until now named Lara Jonggrang temple. The temples that were nearby called Sewu which means thousand.

oOo

Semoga saja Cerita Legenda Candi Prambanan - Indonesia Inggris di atas bisa berkenan di hati pembaca semua. Cerita ini hanya satu contoh dari berbagai cerita legenda lain yang bisa kita baca di situs ini. Maka dari itu silahkan baca juga beberapa cerita lain yang ada di bagian bawah. Mudah-mudahan masih ada banyak kisah legenda seru lain yang bisa menjadi bahan bacaan kita semua. Itu saja, selamat menikmati.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post