» » » Contoh Cerpen Religi, Preman Tobat

Advertisement
Contoh Cerpen Religi, Preman Tobat menjadi salah satu karya yang akan memberikan inspirasi dan nasehat kepada para pembaca. Kisah yang diangkat dalam karya tersebut menunjukkan bahwa prilaku tidak baik akan mendapatkan balasan yang setimpal dan menyakitkan.

Dari kisah yang ada, pembaca dapat merenungkan bagaimana sebaiknya manusia hidup dengan manusia lain. Hubungan antara sesama harus dijaga berdasarkan kasih sayang. Ingat, bahkan kalau bisa dengan musuh sekalipun kita harus berbelas kasih bukan, apalagi dengan yang bukan musuh.

Kisah yang diangkat dalam cerpen keagamaan berikut ini menggambarkan perjalanan seorang pria yang pada akhirnya mendapatkan petunjuk dan bisa kembali ke jalan yang benar. Prilaku yang tidak baik dimasa lalu membuatnya celaka dan akhirnya ia mendapatkan hidayah atau petunjuk untuk bertaubat kepada Tuhan.

Selain cerita yang menarik, cerpen berjudul “preman pasar yang tobat” berikut ini juga bisa dijadikan bahan belajar dalam membuat karangan cerpen sederhana. Untuk pelajaran bahasa Indonesia misalnya, kadang kita diminta untuk membuat karangan berdasarkan kejadian di kehidupan sehari-hari. Nah, karangan ini bisa dijadikan bahan belajar sekaligus bahan analisa.

Mungkin saja karangan cerpen berikut tidak begitu bagus dan sempurna. Namun begitu bisa menjadi langkah awal bagi pembaca yang ingin belajar menjadi penulis. Seperti apa cerita selengkapnya, mari kita baca langsung di bawah ini.

Preman Pasar yang Tobat
Contoh Cerpen Religi Singkat

Sebut saja namanya bang Mamat preman pasar dengan penampilan muka serem, badan besar, dan rambut panjang. Selain dari pada penampilanya yang seram, kelakuannya juga seram. Dia adalah bos preman dan paling ditakuti. Ia sering terlibat balapan liar dan transaksi barang haram. Bahkan dia tidak segan-segan membunuh siapa saja yang menghalanginya.

Pada suatu ketika bang Mamat sedang keliling pasar dan meminta uang keamanan kepada setiap pedagang yang ada di pasar. Seperti biasa dia pergi dengan dua orang anak buah setianya.

”Uang keamanan”, gertak bang Mamat pada salah satu pedagang baju yang ada di pasar.
”Dagangan saya aja belum laku bang”. Jawab pedagang dengan wajah memelas.

Bang Mamat,”Saya tidak peduli, pokoknya kamu harus bayar uang keamanan kepada saya, karena saya adalah yang memegang wilayah ini. Bila kamu tidak mau membayar umpeti maka dagangan kamu tak acak-acak”, jawab bang Mamat dengan penuh emosi.

”Tapi dagangan saya belum laku bang,” jawab pedagang baju
Saya tidak peduli, Rahmad, Andi cepat kau acak-acak barang dagangannya!”, lanjut Bang Mamat

Anak buah bang Mamad pun langsung mengacak-ngacak barang dagangan dari penjual baju tersebut. Memang demikian, bang Mamat akan melawan siapa saja yang tidak patuh dengannya, dan bahkan tidak segan-segan membunuhnya bila memang dia melawan.

Setelah bang Mamat dan anakbuahnya mengacak-acak barang dagangan dari pedagang malang tersebut, dia pun menghampiri pedagang sayuran yang tidak jauh dari letak pedagang baju tersebut. Kebetulan pedagang sayur tersebut adalah pedagang sayur yang memang masih baru, namun sudah mempunyai pelanggan yang banyak.

”Buk setor uang keamanan!!!”.
”Emang situ siapa..?”.

“Situ belum tahu saya siapa, saya preman sini yang megang wilayah pasar sini, setiap pedagang yang jualan disini harus membayar uang keamanan”. Jawab bang Mamat dengan lantangnya.

Ibu pedagang,”Ooooo preman, sori saya gak mau bayar”.
Bang Mamat,”Rahmat, Andi, hancurkan barang daganganya,”.

Anak buah bang Mamat pun langsung mengacak-acak barang dagangan ibu tersebut. Ibu tersebut terkena tamparan dari anak buah bang Mamat saat sedang mempertahankan barang daganganya.

Setelah barang dagangan hancur, ibu pedagang tersebut menangis dan minta tolong namun tidak ada satu orang pun yang berani menolong.

Setelah agak sedikit lama ada seorang pemuda berpeci yang kemudian menegur prilaku bang Mamat.

Pemuda berpeci,”Preman jelek, Jangan hanya beraninya sama ibu-ibu tua saja, keroyokan lagi”.
Bang Mamat,”Siapa kau bocah tengik, berani-beraninya kamu ya, sudah bosan hidup.,,.!”.
Pemuda berpeci,”Harusnya kau cari lawan yang seimbang bukan ibu-ibu tua kau sakiti,”.
Bang Mamat,”Rahmad, Andi serang dia”.

Anak buah bang Mamad pun langsung menyerangnya dengan suara lantangnya. Namun mesiki sudah diserang sedemikian rupa pemuda itu mampu mengalahkan anak buah bang Mamat, dan bahkan keduanya pingsan. Setelah itu barulah bang Mamat yang yang maju dan menghadapi pemuda tersebut.

Berbeda dengan anak buahnya yang tidak mampu mengimbangi beladiri sang pemuda, bang Mamat terlihat bisa sedikit mengimbangi pemuda tersebut. Bahkan pemuda tersebut sedikit kewalahan menghadapi bang Mamat tersebut.

Pemuda tersebut akhirnya lari menuju tempat yang lebih longgar lagi dan disitu keduanya melanjutkan pertarunganya kembali. Tak lama kemudian pemuda tersebut berhasil menendang bang Mamat dan akhirnya bang Mamat terpental kejalan raya.

Disaat yang bersamaan pula ada sebuah mobil truk melintas dan akhirnya menabrak bang Mamat. Bang Mamat pun tidak sadarkan diri dan akhirnya pemuda berpeci tersebut membawa bang Mamat kerumah sakit.

Sesampainya di rumah sakit, bang Mamat di rawat dengan keadaan masih tak sadarkan diri. Di dalam alam bawah sadarnya dia bermimpi sangat mengerikan. Dia bermimpi bertemu malaikat dan malaikat tersebut menyeretnya ke neraka.

Disitu bang Mamat merasa mimpi itu begitu nyata dan membuatnya sangat taku. Akhirnya dia pun siuman dan dia pun menangis dan menyadari dosa-dosanya.

Bang Mamat,” Aku minta maaf mas ya,,.,?”. sapa bang Mamat sambil menangis.
Pemuda berpeci,”Minta maaflah kepada Allah bang, jangan kepada saya, karena memang Allahlah yang wajib abang mintai maaf”.

Bang Mamat,”Tapi Allah apa mau memaafkan saya sedangkan saya sudah banyak sekali melakukan dosa”.
Pemuda berpeci,”Tidak ada yang tidak mungkin, yakinlah bahwa Allah maha pemaaf”.

Dan usai sembuhnya dia dari sakitnya, dia pun merubah kebiasaan hidupnya, dari yang biasanya tidak pernah solat menjadi solat.


Dari yang biasanya berbuat jahat kini tidak pernah lagi berbuat jahat. Mungkin Tuhan sudah memberikan hidayah kepada bang Mamat sehingga iya berubah menjadi manusia lebih baik.

--- oOo ---

Dan bagaimanakah kisah di atas berakhir, menarik bukan? Eits, jangan beranjak dulu, untuk apa terburu-buru. Jika anda suka dengan cerita-cerita sederhana yang menarik seperti di atas maka anda bisa mencari lagi beberapa cerita lainnya. Ada banyak kok, bahkan kebanyakan cerita yang ada di situs ini adalah cerita-cerita sederhana yang cukup menarik.

Mau tema apa saja ada, yang sedih, yang bahagia, yang berisi motivasi, pahlawan, nasionalisme, pokoknya banyak. Anda tinggal mencarinya di kategori cerpen, atau bisa mencari langsung melalui penelusuran situs. Untuk anda yang waktunya terbatas, berikut sudah dipilihkan beberapa cerita lain dibagian akhir pembahasan ini, silahkan dibaca.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post