» » » » Goa Nagabumi, Cerita Rakyat Yogyakarta

Goa Nagabumi adalah sebuah cerita rakyat yogyakarta yang cukup dikenal. Cerita rakyat ini mengisahkan sebuah kejadian luar biasa dimana suatu tempat pada akhirnya dikenal dengan sebutan "goa nagabumi." Apa yang sebenarnya terjadi di goa tersebut? Siapa saja yang terlibat didalamnya?


Meski masuk dalam kategori cerita folktales namun cerita ini cukup menarik untuk diikuti. Nuansa kental kerajaan akan terasa dalam kisahnya. Ketegangan pun bisa menyusup kedalam pikiran yang membaca. Tentu ini akan menghibur jika diikuti. 

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas secara khusus mengenai kisah tersebut. Paling tidak, dari sisi cerita kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran yang ada didalamnya. 

Untuk pelajaran bahasa, rekan pelajar bisa mencoba mengkaji lebih jauh mengenai unsur-unsur yang ada dalam cerita ini. Lebih jauh juga bisa dipelajari dalam kaitannya dengan sejarah mengenai masa kerajaan di tanah air. 

Sekedar bocoran saja, cerita ini berkaitan dengan sebuah kerajaan yang cukup terkenal dengan raja yang dijuluki atau diberi gelar Kanjeng Panembahan Senopati. Beliau ini adalah seorang raja yang luar biasa. Ditakuti, disayangi dan bijaksana dalam memerintah kerajaannya. 

Bahkan sejak sebelum menjadi raja, sang raja dikenal sebagai seorang prajurit yang tangguh dan perkasa. Dengan bekal sikap ksatria, ia dicintai dan sangat disegani. 

Nah, dalam cerita ini sang raja tadi memiliki seorang putra yang tak kalah sakti. Kemudian, cerita akan berlanjut dengan tokoh utamanya yaitu putra sang raja tersebut. Ada apa dengan putra raja tersebut, apa yang terjadi selanjutnya?

Tidak lengkap dan kurang seru kalau kita hanya membaca sinopsis atau ringkasan dari cerita rakyat ini. Makanya, untuk rekan pembaca semua sudah disiapkan cerita lengkap yang bisa langsung dibaca bersama-sama. 

Dari pada hanya penasaran lebih baik kita baca langsung ya. Jangan lupa siapkan cemilan kesukaan agar waktu santai bisa terasa lebih menyenangkan. Yuk kita baca kisah asal usul nama goa nagabumi tersebut. 




Mohon maaf ya, cerita rakyat ini dimuat dalam bentuk gambar. Karena kalau dalam bentuk teks akan terasa terlalu panjang dan takutnya membuat bosan. Kalau dalam bentuk gambarkan bisa lebih ringkas. 

Kalau ada yang mau mencetak cerita rakyat dari Yogyakarta tersebut bisa diperbesar saja gambarnya. Kalau ada yang membutuhkan terjemahan bahasa Inggris nanti lain waktu akan dimuat terpisah sebagai bahan referensi belajar.

Untuk kali ini cukup sekian dulu. Kita lanjutkan lain waktu. Sementara silahkan langsung ke beberapa cerita lain yang tak kalah seru dan menarik dibagian bawah. Ada banyak cerita rakyat yang keren dan menarik loh. Silahkan dicari ya.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post