» » » » » Cerita Rakyat Asal Usul Bunga Teratai

Cerita Rakyat Asal Usul Bunga Teratai - Hari ini kita akan mendapatkan hiburan lagi yaitu untuk salah satu cerita yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Cerita ini mengandung pesan moral yang bagus untuk diteladani. Jalan cerita menarik dan pesan moral tersebut menjadi salah satu yang akan menambah nilai untuk cerita tentang putri yang satu ini.

Kalau sebelumnya anda banyak mendapatkan cerita yang dalam bahasa Inggris sekarang tidak ada salahnya kita perkaya khasanah dengan membaca berbagai cerita menarik dari negeri sendiri. Salah satu yang terkenal dan banyak didapat adalah cerita rakyat.

Masing-masing daerah memiliki cerita sendiri sebagai ciri khas dan hasil karya suatu daerah, untuk cerita berjudul "Asal Usul Bunga Teratai" ini merupakan cerita yang berasal dari daerah jawa.

Meski di ceritakan dalam bahasa Indonesia tapi tentu saja anda bisa membaca cerita ini dalam versi Inggris terutama jika anda mau menggunakan terjemahan. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, tinggal pilih bahasa situs yang diinginkan. Beberapa alasan mengapa anda wajib baca cerita ini antara lain sebagai berikut:

1. Ceritanya singkat
2. Alur ceritanya menarik
3. Pesan moralnya bagus
4. Kisah sederhana

Sebagai salah satu kisah yang terkenal di kalangan masyarakat, Cerita Rakyat ini memiliki alur cerita yang tidak rumit dan cukup menghibur.

Cerita ini tentu cocok untuk bahan mendongeng atau storytelling untuk anak-anak di rumah. Di bagian akhir nanti kita bahas apa yang terkandung dalam cerita ini, sekarang silahkan anda baca terlebih dahulu cerita lengkapnya.

Cerita Rakyat Asal Usul Bunga Teratai
Diceritakan kembali oleh: Devi Mega

Dahulu kala di tepi gunung Semeru ada raja yang arif dan bijaksana serta perhatian kepada rakyatnya.Raja itu memimpin kerajaan disana. Raja itu bernama Raja Ranubanu. Raja Ranubanu memiliki putri yang amat cantik yang bernama Dewi Arum. Sang putri memiliki kebiasaan mandi serta senang sekali bermain air.

Pada suatu hari, negara Umbul Wenig terserang penyakit.Penduduk desa banyak yang terserang penyakit itu dan banyak penduduk yang tewas. Raja sedih dengan keadaan itu. Sudah banyak tabib yang didatangkan namun tidak berhasil.

Disaat raja sudah pasrah datanglah seorang laki laki yang menghadap raja. Laki laki itu bercerita bahwa dia dapat isyarat bahwa penyakit itu disebabkan oleh salah satu bunga dan bunga itu tumbuh di tengah danau dan harus diambil oleh putri raja. Raja pun terdiam seketika.

Setelah memikirkan nasib putrinya, akhirnya putri dipanggil oleh raja. Berangkatlah putri bersama pengawal kesayangannya.

Setelah menempuh perjalanan yang amat menegangkan akhirnya sampailah dia disana. Melihat air danau yang sangat jernih dan segar, putri tidak dapat menahan hasratnya untuk berenang. Akhirnya dia mandi sampai lupa waktu.

Raja dan rakyat setia menunggu kedatangan putri dan pengawalnya. Akhirnya raja menjemput putri dengan perasaan bingung. Sesampai disana raja terkejut dan mengumpat putri "Tidak selayaknya kamu menjadi anak raja!!

Lebih baik kamu menjadi penunggu danau ini". Akhirnya putri hilang dan saat itu muncullah bunga teratai yang indah. Dengan perasaan menyesal raja membawa pulang bunga itu, dan sembuhlah semua rakyatnya.

oOo

Tentu saja, cerita seperti ini memang bertujuan untuk memberikan pesan-pesan khusus bagi pembaca. Jika anda membaca Cerita Rakyat Asal Usul Bunga Teratai di atas anda akan mendapatkan sebuah pesan moral atau amanat yang ada dalam cerita tersebut.

Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut adalah bahwa kita hendaknya jangan pernah menyalahgunakan kepercayaan yang telah diberikan orang kepada kita. Jika kita diberi amanat atau kepercayaan hendaknya kita bisa menjaga amanat tersebut dan tentunya menjaga dan menghormati kepercayaan yang telah diberikan kepada kita.

Cerita Rakyat Asal Usul Bunga Teratai
Credit Foto: picswallpaper.com

Selain pesan tersebut, dari cerita kita bisa mengetahui nilai sosial yang terkandung dalam cerita tersebut adalah pengorbanan pemimpin demi untuk rakyatnya yaitu pengorbanan putri demi kesejahteraan rakyatnya. Mudah-mudahan cerita dan pesan-pesan yang ada bisa menjadi teladan dan sumber inspirasi kita semua dalam melakukan kebaikan. 

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post