» » » » Lumawig, Cerita Rakyat Bahasa Inggris Philippines

"Lumawig", adalah salah satu cerita rakyat bahasa Inggris yang cukup bagus untuk digunakan sebagai bahan belajar. Pertama, karena cerita yang ada didalamnya cukup bagus dan menarik. Yang kedua teksnya cukup pendek dengan bahasa yang mudah dimengerti. 


Bayangkan dulu, raja langit punya tiga orang anak laki-laki. Wah, seru kan! Iya, benar sekali. Dalam cerita rakyat kali ini kita akan membahas mengenai hal yang mengagumkan. Tentu saja hal itu adalah bisa dikatakan tidak benar-benar terjadi. 

Tidak benar-benar terjadi disini maksudnya bisa dikatakan semacam dunia khayalan. Tapi seru kok. Ceritanya akan mengikuti salah satu putra dari raja langit. Kira-kira seperti apakah ceritanya? 

Saya ceritakan sedikit ya isinya. Nah, dalam cerita rakyat ini diceritakan salah satu putra dari raja langit itu cukup berbeda. Dua anaknya yaitu yang paling tua dan yang bungsu cukup suka dan menikmati menjadi anak raja langit.

Meski begitu anak kedua tidak demikian. Anak kedua raja langit ini bernama Lumawig. Nah, dia ini berbeda dari kedua saudaranya. Rupanya, si Lumawig ini ingin turun ke bumi. Bisa dibayangkan bagaimana kira-kira kisah selanjutnya.

Apakah dia diizinkan turun ke bumi? Lalu apa yang kemudian terjadi pada dirinya? Ini tentu seru ya untuk diikuti. Kira-kira kalau jadi turun ke bumi dia mau jadi apa ya. Secara kan dia adalah anak raja langit. Tentu saja ia memiliki kemampuan yang tidak sama dengan manusia biasa. 

Nah, kalau tidak diizinkan lalu bagaimana ya? Apakah mungkin nanti disana akan ada konflik yang lebih jauh? Jadi semakin penasaran saja ya. Ya sudah, kita langsung nikmati saja ya ceritanya. 



Tidak terlalu panjang bukan? Itu jadi dua halaman karena ukuran font yang digunakan cukup besar. Kalau diketik dengan jenis font times new roman ukuran 12 mungkin hanya satu lembar. Itu tadi mengenai teks-nya ya.

Bagaimana dengan yang lain lagi? Nah, kalau diperhatikan lebih dekat, dalam cerita rakyat ini cukup banyak percakapan-percakapannya. Ini tentu bisa dimanfaatkan lebih jauh.

Misalnya, untuk rekan yang sedang menyusun drama bahasa Inggris, cerita rakyat ini bisa dijadikan bahan referensi tambahan. Sebagai contoh, di bagian awal kita sudah disambut dengan percakapan antara raja langit dan anaknya.

"What do you want to do?" his father asked him.
"I want to go down to earth and live with human beings.
"If you must go down to earth," his father said, "please take all your things with you."

Pada percakapan tersebut diketahui sang ayah bertanya kepada anaknya tentang apa yang ingin dikerjakan oleh anaknya. Kemudian sang anak menjawab bahwa ia ingin turun ke bumi dan hidup dengan manusia.

Beberapa percakapan seperti ini tentu bisa digunakan sebagai bahan belajar dalam menyusun naskah drama yang diambil dari cerita rakyat khususnya yang berbahasa Inggris. Beberapa contoh percakapan lain yang ada didalam cerita ini sebagai berikut.

Lumawig called out to the younger one. "What's your name?." "Fucan," the girl answered. "Please give me a bean."
"I am Lumawig, son of the king of the sky. From now on, your name will be Cayapon."
"Why?" Fucan wanted to know. "Who asked you to change my name?"
"Oh, I can do that," said Lumawig. " I'am going to be your husband."
"My husband?" Fucan asked. She was surprised to hear him say that.
"Yes. Please go home and tell your father."

Percakapan di atas adalah percakapan ketika Lumawig pertama kali turun ke bumi dan bertemu dengan seorang gadis yang sedang bertani dan sangat giat. Cukup menarik juga bukan?

Selain contoh-contoh dialog bahasa Inggris yang ada di atas masih ada banyak lagi dialog atau percakapan yang terdapat dalam cerita rakyat kali ini. Rekan semua bisa cek langsung di teks yang disediakan.

Itu saja kali ini yang bisa dibagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk rekan semua yang membutuhkan. Kalau sudah selesai silahkan dilanjut ke beberapa cerita yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. 

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post