» » » Cerpen Singkat - Pelajaran Dari Semut

Cerpen singkat sering dibutuhkan oleh sobat pelajar untuk analisa dan untuk belajar disekolah, untuk itu berikut akan disuguhkan sebuah cerpen singkat berjudul “Pelajaran Dari Semut” dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Cerpen Singkat dalam Bahasa Indonesia

Khusus untuk sobat yang penasaran dengan bagaimana cerita dalam cerpen singkat ini saya akan menyertakan cerpen singkatnya dalam bahasa Indonesia. Silahkan disimak ceritanya berikut.

Pelajaran Dari Semut

Saya tertunduk diam ketika dimarahi pak salimun, ayah saya. sudah dua kali saya dimarahi karena kenakalan yang sama. Saya berantem dengan adik saya ( samia) Karena berebut mainan. Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara, kesemuanya perempuan .saya duduk dikelas 3 SD sedangkan adik saya (samia) duduk dikelas 1 SD. Waktu itu saya sedang berebut mainan dengan adik saya (samia) diteras depan rumah.

Karena adik saya (samia) menangis jadi ayah saya datang untuk mendiamkan adik saya yang terus menangis.
"ayah sudah bilang kamu tidak boleh berantem dengan adikmu, kenapa kamu masih berantem juga?" Tanya ayah

“ aku berantem karena samia yang memulai, samia yang merebut bonekaku” jawab saya
“ habis kakak pelit! Dipijami mainan sebentar tidak boleh …” sahut samia

“ sudah-sudah! pokoknya ayah tidak mau mendengar ada keributan lagi. Mestinya yang menjadi kakak itu banyak mengalah dan menyayangi adiknya sedangkan yang menjadi adik itu harus menghormati kakaknya. Kalian mengerti?”

“ mengerti yah!” jawab saya dan samia

Ayah saya kemudian memberi nasehat bahwa hidup rukun dan saling tolong menolong atau bergotong royong menjadikan pekerjaan ringan. Sebaiknya apabila kita bermusuhan dan hidup semaunya hidup akan susah.

“ bergotong royong itu apa contohnya yah?”

“ contohnya banyak sekali, coba kalian perhatikan ketika bapak-bapak kerja bakti pada hari minggu pada waktu membuat jalan kampung. Dengan bergotong royong jalan cepat sekali selesai. Coba kalau dikerjakan sendiri, bisa lama sekali! Bahkan binatang pun banyak yang bekerja dengan bergotong royong untuk kelangsungan hidupnya” jawab ayah.

“ memangnya ada yah?” Apa contohnya?

Binatang apa yah? Tanya samia

Ayah kemudian mengambil potongan roti dan ditaruh di lantai saya dan samia malah terbengong-bengong . saya heran apa sebetulnya yang akan ditunjukan oleh ayah!

Tak lama kemudian datanglah seekor semut hitam kecil menghampiri roti. Semut kecil tersebut ingin menarik roti tetapi tidak kuat, karena rotinya cukup besar dibandingkan dengan ukuran badannya, kemudian semut tersebut pergi.

Setelah beberapa saat datanglah semut-semut hitam dengan jumlah cukup banyak. Ternyata semut pertama tadi pulang memanggil teman-temanya. Dengan dibantu teman-temannya potongan roti tersebut dapat diangkat menuju sarang.

“ nah… kamu sudah tahu sendiri, semut saja bisa rukun dan bekerja sama dengan bergotong royong mengangkat roti tadi. Kalau kalian berantem terus, berarti kalian lebih bodoh dari semut,kalian mau begitu?”

“ nggak yach… mulai hari ini saya dan samia tidak akan berantem lagi ! jawab saya

“Itu janji kamu, kamu kalau punya mainan adiknya dipinjami, dan kamu samia kalau pinjam mainan kakakmu ya jangan maunya menang sendiri , kalian mengerti?” saya dan samia mengangguk- ngangguk.

Nama : Latifah Mega S
Kelas : X1

Cerpen Singkat dalam Bahasa Inggris

Terjemahan dari cerpen singkat di atas dapat sobat semua temukan pada versi bahasa Inggris yang akan ditampilkan dibawah ini.

Lessons from Ants
I bowed silent when scolded pack salimun, my father. I've been twice reprimanded for the same delinquency.

I fight with my sister (samia) Because fighting over a toy.
I was the first child of two brothers, all of them women. 3 SD I sit in class while my sister (samia) sitting in class 1 SD

At that time I was fighting over a toy with my sister (samia) diteras home front

Because my sister (samia) crying so my dad came to silence my sister kept crying.

"Dad told you you should not fight with your sister, why are you still fighting, too?" Tanya's father

"I fight because that begin samia, samia who took my doll" I replied

"Stingy brother out! Dipijami toys should not be a moment ... "said samia

"Has-been! anyway he would not hear any noises anymore. Should that be the brother of succumbing and being fond of his sister while the sister should honor her brother. You understand? "

"Understands well" I replied and samia

My father then gave the advice that living in harmony and help each other or work together to make light work. If we should live as he pleases hostile and life will be hard.

"What an example that worked together well?"

"For example a lot, try to direct your attention when fathers community service on Sunday at a time to make the village. Worked together with a brisk walk once completed. Try if done alone, could take forever! Even the animals too much to work with and work together for survival "replied the father.

"Memangnya there yah?" What's an example?
What animals yah? Tanya samia
Dad then took a piece of bread and put on my floor and samia even gobsmacked. I wonder what would be indicated by the fact that the father!

Soon there came a small black ant approached bread. The small ants, but do not want to pull strong bread, because the bread is quite large compared to the size of the body, then the ants away.

After a while came the black ants with considerable numbers. It turns out this first ant home call his friends. With the help of his friends piece of bread can be removed toward the nest.

"Well ... you already know, the ants just get along and work together with mutual cooperation was raised bread. If you fight continues, it means you are more stupid than the ant, you want that? "


"Yach not ... start today and samia I will not fight anymore! I answered. "That promise you, if you have a brother loaned toys, and toys you borrow your sister samia if he wants to win so do not own, you understand?" Me and samia nod-nod.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post