» » » » Cerita Rakyat Aryo Menak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Advertisement
Cerita Rakyat Aryo Menak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris - Cerita rakyat lain yang dapat saya hadirkan pada kesempatan ini adalah "Aryo Menak" dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai terjemahannya. Silahkan langsung saja tanpa basa basi simak cerita menarik tersebut berikut.

Yang pertama tentu saja kita akan ikut menikmati atau membaca sebuah kisah cerita yang menggunakan bahasa kita. Kisah berikut pertama akan kita nikmati dalam bahasa Indonesia. Tujuannya tentu agar kita bisa mendapatkan hiburan dari kisah tersebut.

Kedua, tentu khusus untuk rekan pelajar yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cerita maka bisa membaca, membandingkan dan mempelajari cerita yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Tentu saja teks cerita tersebut belum sempurna. Oleh karena itu kita gunakan untuk belajar.

Dengan dua versi cerita sekaligus maka kita bisa belajar sekaligus sambil bermain. Apalagi ceritanya cukup menarik. Tentu rekan semua tidak mau ketinggalan bukan? Makanya, sekarang kita langsung ke cerita yang dimaksud.

A) Cerita Rakyat Aryo Menak dalam Bahasa Indonesia

Karena ini merupakan cerita rakyat Indonesia maka pada bagian pertama langsung dibagikan cerita dalam versi bahasa Indonesia.

Aryo Menak
Dikisahkan pada jaman Aryo Menak hidup, pulau Madura masih sangat subur. Hutannya sangat lebat. Ladang-ladang padi menguning.

Aryo Menak adalah seorang pemuda yang sangat gemar mengembara ke tengah hutan. Pada suatu bulan purnama, ketika dia beristirahat dibawah pohon di dekat sebuah danau, dilihatnya cahaya sangat terang berpendar di pinggir danau itu. Perlahan-lahan ia mendekati sumber cahaya tadi. Alangkah terkejutnya, ketika dilihatnya tujuh orang bidadari sedang mandi dan bersenda gurau disana.

Ia sangat  terpesona oleh kecantikan mereka. Timbul keinginannya untuk memiliki seorang diantara mereka. Iapun mengendap-endap, kemudian dengan secepatnya diambil sebuah selendang dari bidadari-bidadari itu.

Tak lama kemudian, para bidadari itu selesai mandi dan bergegas mengambil pakaiannya masing-masing. Merekapun terbang ke istananya di sorga kecuali yang termuda. Bidadari itu tidak dapat terbang tanpa selendangnya. Iapun sedih dan menangis.    

Aryo Menak kemudian mendekatinya. Ia berpura-pura tidak tahu apa yang terjadi. Ditanyakannya apa yang terjadi pada bidadari itu. Lalu ia mengatakan: "Ini mungkin sudah kehendak para dewa agar bidadari berdiam di bumi untuk sementara waktu. Janganlah bersedih. Saya akan berjanji menemani dan menghiburmu."

Bidadari itu rupanya percaya dengan omongan Arya Menak. Iapun tidak menolak ketika Arya Menak menawarkan padanya untuk tinggal di rumah Arya Menak. Selanjutnya Arya Menak melamarnya. Bidadari itupun menerimanya.

Dikisahkan, bahwa bidadari itu masih memiliki kekuatan gaib. Ia dapat memasak sepanci nasi hanya dari sebutir beras. Syaratnya adalah Arya Menak tidak boleh menyaksikannya.

Pada suatu hari, Arya Menak menjadi penasaran. Beras di lumbungnya tidak pernah berkurang meskipun bidadari memasaknya setiap hari. Ketika isterinya tidak ada dirumah, ia mengendap ke dapur dan membuka panci tempat isterinya memasak nasi. Tindakan ini membuat kekuatan gaib isterinya sirna.

Bidadari sangat terkejut mengetahui apa yang terjadi. Mulai saat itu, ia harus memasak beras dari lumbungnya Arya Menak. Lama kelamaan beras itupun makin berkurang. Pada suatu hari, dasar lumbungnya sudah kelihatan. 

Alangkah terkejutnya bidadari itu ketika dilihatnya tersembul selendangnya yang hilang. Begitu melihat selendang tersebut, timbul keinginannya untuk pulang ke sorga. Pada suatu malam, ia mengenakan kembali semua pakaian sorganya. Tubuhnya menjadi ringan, iapun dapat terbang ke istananya.

Arya Menak menjadi sangat sedih. Karena keingintahuannya, bidadari meninggalkannya. Sejak saat itu ia dan anak keturunannya berpantang untuk memakan nasi.

B) Cerita Rakyat Aryo Menak - Inggris

Sebagai pelengkap cerita kali ini dapat juga dibaca cerita aryo menak dalam bersi terjemahan google yaitu dalam bahasa Inggris. Versi teks ini bisa digunakan sebagai media belajar untuk kita yang sedang belajar pelajaran bahasa Inggris. Bisa berlatih menambah kosa kata dan juga menghafal, silahkan disimak.

Aryo Menak

Narrated live in the era of Aryo Menak, Madura island is still very fertile. Forest is very dense. Yellowing rice fields.

Aryo Menak is a young man who is very fond of wandering into the woods. On a full moon, when he was resting under a tree near a lake, he saw a very bright light glowed on the edge of the lake. Slowly he approached the light source was. What a surprise, when he saw seven angels were in the shower and frolic there.

He was very fascinated by their beauty. Arises a desire to have them. And he crept, then quickly taken a shawl from the angels.

Shortly thereafter, the fairies out of the shower and rushed to take their clothes. So they flew to his palace in heaven except the youngest. Fairies can not fly without a shawl. And he was sad and crying.

Aryo Menak then approached him. He pretended not to know what happened. He asked what happened to the angel. Then he said: "It may be the will of the gods that dwell on the earth angels for a while. Should not be sad. Promise I will accompany and entertain you."

Angel is apparently believed by Arya Menak spiel. And he did not resist when Arya Menak offered him to stay at home Menak Arya. Furthermore Arya Menak proposed. Angel and even then accept it.

It is said, that the angel still have supernatural powers. He can cook a pot of rice just of a grain of rice. Condition is Arya Menak should not watch it.

One day, Arya Menak be curious. Rice granaries never diminished even though angel cook every day. When his wife was not at home, he settles into the kitchen where his wife and opened the pot to cook rice. This action makes magic vanished wife.

Nymphs are very surprised to learn what happened. From then on, he had to cook rice from Arya Menak barn. Rice rose gradually dwindle. One day, the basic barn in sight. 


What a surprise when he saw the angel pops shawl is missing. One look at those scarves, raised his desire to return to heaven. On one night, he wore clothes back all the heaven. His body became lighter, he is able to fly to his palace.

Arya Menak be very sad. Because of curiosity, angel left her. Since then he and his descendants abstain for consuming rice.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post