» » » Kumpulan Contoh Cerita Teks Anekdot

Advertisement
Cerita Inggris Indonesia: Teks Anekdot - Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri. 

Untuk melengkapi berbagai cerita Inggris Indonesia yang sudah diberikan sebelumnya kali ini akan kita bahas beberapa contoh cerita anekdot untuk dipelajari.

Karena cerita kali ini berkenaan dengan sebuah materi dimana kita juga harus memahami susunan atau komposisi tertentu dalam anekdot maka tidak ada salahnya pembahasan kali ini kita awali dengan mengingat kembali tentang apakah yang dimaksud dengan cerita anekdot tersebut. Kita mulai dari mengingat definisi atau pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Definisi Teks Anekdot

Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi.

Seiring waktu, modifikasi pada saat penceritaan kembali dapat mengubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali tapi "terlalu bagus untuk nyata". Terkadang menghibur, anekdot bukanlah lelucon, karena tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk melukiskan suatu sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya.

Ciri-Ciri
- bersifat humor/lucu
- bersifat menyindir
- mengenai orang penting / terkenal

Unsur
- abstrak
- orientasi
- krisis
- reaksi
- koda

Penjelasan mengenai masing-masing unsur bagian teks anekdot tentu berbeda satu sama lain. Kita harus dapat membedakan bagian-bagian yang merupakan satu kesatuan tersebut. Untuk itu, berikut penjelasan bagian dari teks anekdot tersebut.
  • Abstraksi adalah bagian di awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks. Biasanya bagian ini menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks.
  • Orientasi adalah bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detil di bagian ini.
  • Krisis adalah bagian dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan.
  • Reaksi adalah bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul di bagian crisis tadi.
  • Koda merupakan bagian akhir dari cerita unik tersebut. Bisa juga dengan memberi kesimpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis.

Contoh Cerita Teks Anekdot Terbaru

Seperti yang terpampang jelas pada judulnya, tentu kita akan mempelajari kumpulan cerita anekdot karena itu silahkan anda pelajari langsung sebuah contoh percakapan terbaru yang disediakan. Namun sebelum anda membaca contoh tersebut dari artikel ini anda juga bisa mencari beberapa contoh lain.

Untuk memberikan referensi yang lengkap mulai dari diterbitkannya contoh ini kedepannya akan diberikan juga beberapa contoh cerita lainnya yang meliputi:
  1. Percakapan anekdot 3 orang
  2. Percakapan anekdot 4 orang
  3. Percakapan anekdot 5 orang, 6 orang
  4. Contoh teks anekdot
  5. Teks anekdot pendidikan
  6. Teks anekdot lucu
  7. Teks anekdot pelayanan publik
  8. Struktur teks anekdot
  9. Teks anekdot politik
  10. Cerita teks anekdot
  11. Teks anekdot hukum

Agar menjadi sebuah kumpulan contoh anekdot lengkap maka satu persatu teks yang sudah dituliskan di atas akan segera disiapkan. Untuk yang sangat membutuhkan contohnya sekarang silahkan baca langsung contoh teks anekdot 4 orang berikut.

Afika: halo, ki !
Iki : hai,ka! tumben kamu ke perpustakaan, ada gerangan apa nih?
Afika: aku ada tugas disuruh guru, makanya kesini.
Iki : sendirian aja?
Afika: engga lah, sama vivi dan marsha.
marsha dan vivi pun datang,
marsha : woi, ka ! aku udah dapat resensinya!
Afika: serius? coba aku lihat !!
Vivi : itu salah kale, ini yang aku pegang baru benar.
marsha : enak aja, masa mau menulis resensi buku dongeng! kamu yg salah!
Vivi : idih, jelas-jelas kamu yang salah! masa mau bikin resensi buku rumus!
Iki: udahlah jangan bertengkar disini, ini perpustakaan.
Afika: iya, lagian aku ada usul yang bagus untuk resensi kalian.
Vivi, marsha, Iki: APA?!
Afika: widih, kompak ya! ambil aja buku biografi pahlawan, itu bakal lebih mudah untuk resensi.
Iki: okelah, makasih ya ra!

Selain satu Contoh Cerita Teks Anekdot di atas anda juga akan diberikan beberapa contoh lain yang segera bisa dibaca dari tautan yang sudah disediakan di atas. Jangan lupa, disini anda bisa banyak menemukan berbagai cerita baik itu cerita bahasa Inggris maupun yang dalam Bahasa Indonesia.
Kumpulan Contoh Cerita Teks Anekdot


Untuk itu sangat disarankan bagi anda semua yang sering membutuhkan cerita apapun untuk mencatat alamat website ini. Itu saja selamat belajar.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post