» » » » Nyai Andan Sari dan Kyai Guru Soka

Nyai Andan Sari dan Kyai Guru Soka ini merupakan salah satu cerita rakyat dari Yogyakarta yang juga dikenal banyak orang. Dalam cerita ini banyak petuah yang bisa direnungkan dan dipelajari. Ceritanya pun tidak kalah menarik dengan dongeng atau legenda. 


Sudah jelas. Cerita rakyat ini menggambarkan dua orang manusia yang pada akhirnya menjadi cikal bakal sebutan dari sebuah lokasi. Ya, Nyai Andan Sari dan juga Kyai Guru Soka adalah nama manusia. 

Mereka berdua adalah putra putri dari keluarga petani miskin yang menjalani kehidupan yang sangat susah. Dalam kisah ini juga bisa direnungkan bahwa bagaimanapun manusia tetap harus berusaha dan bekerja keras dengan segala daya upaya yang dimiliki. 

Kehidupan mungkin susah tetapi hidup tidak bisa diabaikan begitu saja. Semua tak lepas dari doa dan usaha seseorang. 

Dalam kisah ini pembaca juga diajak merenung bagaimana hendaknya menjalani sebuah kehidupan yang berakhlak mulia. 

Nah, bicara mengenai pesan moral dan nilai-nilai luhur dalam sebuah cerita rakyat memang diperlukan untuk mendapatkan hikmah dan pembelajaran didalamnya. Namun demikian, dari sisi ceritanya sendiri juga bisa dijadikan bahan belajar.

Misalnya, untuk rekan pelajar yang ingin membuat naskah drama pementasan teater. Cerita rakyat yang satu ini juga cukup bagus untuk diangkat kedalam sebuah pementasan. 

Alurnya menarik, pesannya juga bagus. Makanya kita ajak rekan semua untuk menikmatinya. Seperti apa sih cerita rakyat tersebut? Mari langsung kita baca bersama-sama dibawah ini. 




Demikianlah tadi kisah kehidupan dari keluarga Kyai dan Nyai Goa Soka. Mudah-mudahan dari apa yang disampaikan dalam cerita rakyat Yogyakarta di atas bisa dipetik pelajaran dan pesan yang berharga. 

Semoga saja kita bisa mengambil sisi baiknya ya. Nah, itu saja untuk kali ini. Nanti akan kita lanjutkan dengan cerita-cerita lain yang tak kalah menarik. Bagi yang sudah selesai membaca cerita ini silahkan lanjutkan ke beberapa cerita rakyat yang sudah disiapkan dibawah.

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post