» » » » Gunung Genthong, Cerita Rakyat Yogyakarta

Gunung genthong, adalah sebuah cerita rakyat dari Yogyakarta yang cukup terkenal. Sudah pernah membacanya belum? Pasti belum ya. Memang masih banyak adik-adik dan rekan pelajar yang belum tahu akan kisah menarik ini. 

Ilustrasi: pixabay

Untuk itulah kita akan membahas secara khusus mengenai folktales tersebut. Ceritanya bagus, menarik. Pesan moralnya pun sangat baik untuk direnungkan. Makanya kita sempatkan waktu untuk mengulas lebih jauh. 

Kalau cerita ini lumayan agak panjang, berbeda dengan cerita dongeng atau cerita binatang untuk anak-anak. Panjangnya sekitar 3 lembar hvs, kurang lebih terdiri dari 1.395 kata. 

Tapi tenang, meski agak lumayan panjang tapi sepadan kok dengan kisah yang disajikan. Menarik, apalagi kalau dibuat untuk naskah drama. Pasti seru.

Untuk tambahan, biasanya kita menyajikan kisah-kisah yang berbahasa Inggris. Tapi untuk cerita kali ini kita menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, teks asli ceritanya dalam bahasa Indonesia. Kalau yang membutuhkan bahasa Inggris ya gampang, tinggal diterjemahkan saja. 

Lalu ceritanya seperti apa sih? Kalau secara garis besar sih ceritanya merupakan cerita asal mula sesuatu. Dalam hal ini adalah bercerita tentang asal mula terciptanya gunung genthong. Atau awal mulanya sebutan gunung genthong. 

Ya, tidak berbeda jauh. Seperti misalnya ada asal mula danau toba, asal mula tangkuban prahu dan lain sebagainya. Tapi kejadiannya tentu berbeda, tidak sama. 

Secara singkat, cerita rakyat ini mengisahkan sebuah kejadian yang terjadi antara Raden Patah dan Ayahnya yaitu Brawijaya Pungkasan. Nah, ceritanya diantara keduanya terjadilah kesalahpahaman yang dalam prosesnya menjadi asal usul gunung tadi. 

Si Raden Patah ini adalah anak sang raja yang berasal dari salah satu selirnya. Sedangkan kesalahpahaman pada mereka terjadi ketika Raden Patah telah dewasa. Seperti apa kisah selengkapnya, silahkan dibaca ceritanya berikut!




Bagaimana, ternyata bagus juga kan? Makanya kita pilih cerita di atas. Sekarang giliran rekan semua untuk menganalisa lebih jauh cerita tersebut. Bisa dikupas dan dikaji lebih jauh mengenai berbagai pesan moral yang ada didalamnya. 

Kalau dibutuhkan, rekan semua juga bisa membuat cerita tersebut menjadi script drama kok. Bisa, bagus lagi. Gampang deh, untuk yang membutuhkan contoh dialognya nanti bisa dibantu. Tapi jangan lupa disimpan alamatnya ya. Di bookmarks supaya tidak lupa!

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post