» » » Cerita Rakyat tentang Kera Jadi Raja

Advertisement
Cerita Inggris Indonesia kali ini masih melanjutkan mengenai cerita rakyat yaitu mengenai cerita tentang kera jadi raja. Judulnya kedengaran aneh, namun bagaimana sebenarnya cerita tersebut, simak langsung cerita menarik tersebut hanya di website ini. 

Memang kalau dilihat dari judulnya maka cerita rakyat tentang hewan yang satu ini cukup seru untuk anda nikmati. Tentunya dari judul sudah dapat ditebak bahwa kisahnya akan bercerita seputar kera yang akan menjadi raja, entah bagaimana cara dan kejadiannya sehingga hewan tersebut bisa menjadi raja. 

Yang jelas, cerita ini memberikan pesan yang bagus bagi pembaca yaitu hendaknya kita perlakukan teman-teman kita dengan baik, janganlah sombong dan bermalas-malasan. Jika kita sombong dan memperlakukan teman-teman semena-mena, nantinya kita akan kehilangan mereka dan menyesal di kemudian hari. Jadi tambah penasaran dengan cerita ini, yuk langsung saja kita baca Cerita Rakyat tentang Kera Jadi Raja tersebut!

Kera Jadi Raja
Sang Raja hutan "Singa" ditembak pemburu, penghuni hutan rimba jadi gelisah. Mereka tidak mempunyai Raja lagi. Tak berapa seluruh penghuni hutan rimba berkumpul untuk memilih Raja yang baru. Pertama yang dicalonkan adalah Macan Tutul, tetapi macan tutul menolak. "Jangan, melihat manusia saja aku sudah lari tunggang langgang," ujarnya. "Kalau begitu Badak saja, kau kan amat kuat," kata binatang lain. "Tidak-tidak, penglihatan ku kurang baik, aku telah menabrak pohon berkali-kali." "Oh…mungkin Gajah saja yang jadi Raja, badan kau kan besar..", ujar binatang-binatang lain. "Aku tidak bisa berkelahi dan gerakan ku amat lambat," sahut gajah.

Binatang-binatang menjadi bingung, mereka belum menemukan raja pengganti. Ketika hendak bubar, tiba-tiba kera berteriak, "Manusia saja yang menjadi raja, ia kan yang sudah membunuh Singa". "Tidak mungkin," jawab tupai. "Coba kalian semua perhatikan aku…, aku mirip dengan manusia bukan?, maka akulah yang cocok menjadi raja," ujar kera. Setelah melalui perundingan, penghuni hutan sepakat Kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku Kera sama sekali tidak seperti Raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap makanan yang lezat-lezat.

Penghuni binatang menjadi kesal, terutama serigala. Serigala berpikir, "bagaimana si kera bisa menyamakan dirinya dengan manusia ya?, badannya saja yang sama, tetapi otaknya tidak". Serigala mendapat ide. Suatu hari, ia menghadap kera. "Tuanku, saya menemukan makanan yang amat lezat, saya yakin tuanku pasti suka. Saya akan antarkan tuan ke tempat itu," ujar serigala. Tanpa pikir panjang, kera, si Raja yang baru pergi bersama Serigala. Di tengah hutan, ter-onggok buah-buahan kesukaan kera. Kera yang tamak langsung menyergap buah-buahan itu. Ternyata, si kera langsung terjeblos ke dalam tanah. Makanan yang disergap nya ternyata jebakan yang dibuat manusia. "Tolong…tolong," teriak kera, sambil berjuang keras agar bisa keluar dari perangkap.

"Hahahaha! Tak pernah kubayangkan, seorang raja bisa berlaku bodoh, terjebak dalam perangkap yang dipasang manusia, Raja seperti kera mana bisa melindungi rakyatnya," ujar serigala dan binatang lainnya. Tak berapa lama setelah binatang-binatang meninggalkan kera, seorang pemburu datang ke tempat itu. Melihat ada kera di dalamnya, ia langsung membawa tangkapan nya ke rumah.

oOo

Kalau dilihat dari situasi dalam cerita tersebut jelas sekali bahwa sang kera sebenarnya hanya mengambil kesempatan dari situasi yang sedang terjadi. Dalam dunia nyata, orang seperti ini banyak sekali kita jumpai, mereka pandai melihat kesempatan, mencari kesempatan dan memanfaatkan keadaan hanya untuk kepentingan sendiri. Orang seperti ini jika menawarkan diri tidak akan ikhlas, mereka hanya mengambil keuntungan dari apa yang sedang terjadi, seperti ada kera tersebut.

Pada akhirnya, lama kelamaan sifat asli dari kera tersebut pun muncul, ternyata sang kera hanya memanfaatkan keadaan saja. Dia mengajukan diri menjadi raja hanya untuk mengambil kesempatan saja, mencari kesenangan dan memikirkan keuntungan diri sendiri. Perhatikanlah, setelah sifat asli kera terbongkar akhirnya ada hewan lain yang mengambil tindakan. 

Cerita Rakyat tentang Kera Jadi Raja
Image by: anneahira.com

Jika anda mendapati seseorang menawarkan diri atas sesuatu tapi anda melihat bahwa orang tersebut tidak sesuai dengan kapasitas nya mungkin anda perlu berfikir dua kali. Jangan mudah percaya kebaikan atau tawaran orang, lihatlah, pelajarilah baru tentukan. Mudah-mudahan cerita di atas bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

Terjemahan Bahasa Kera Jadi Raja
Yang membutuhkan cerita rakyat ini dalam bahasa Inggris silahkan langsung dilihat cerita tersebut dalam versi bahasa Inggris. Caranya bagaimana? Untuk mendapatkan cerita ini dalam versi lain maka silahkan gunakan terjemahan dari google, ada di bagian kanan situs. 

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post