» » » Contoh Cerpen tentang Ayah, Banting Tulang

Contoh Cerpen tentang Ayah, Banting Tulang – Kembali lagi dengan kisah-kisah menarik, untuk melengkapi cerita yang sudah ada sebelumnya kali ini kita akan memberikan satu cerita baru dengan tema pengorbanan ayah. Cerpen ini ceritanya cukup menarik dan mengangkat kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Mau tahu seperti apa ceritanya?

Kalau dilihat dari judulya, cerita yang diangkat memang sudah tidak asing kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Cerpen ini jelas tentang orang tua khususnya ayah yang bekerja keras untuk keluarganya. Ya, dari kisah yang ada dalam cerpen singkat tersebut mungkin kita bisa belajar dan mengetahui lebih jauh tentang pengorbanan seorang ayah untuk anaknya.

Kisah dalam cerpen ini bisa membuka mata kita lebar-lebar bahwa seorang ayah memiliki tanggungjawab dan beban yang begitu besar. 

Di pundak sang ayah masa depan anak-anaknya akan dibawa. Peran ayah sangat penting, pengorbanannya sangat besar maka tidak layak jika kita berlaku kasar, buruk atau tidak sopan kepada ayah kita.

Bagaimana dengan susunan atau bentuk dari karangan tersebut? Karangan pendek tersebut ditulis menggunakan bahasa yang sederhana. Karangan ini disusun dengan bahasa yang lugas, sederhana dan mudah dimengerti bahkan oleh rekan pelajar sekalipun.

Tidak ada gaya bahasa yang berlebihan atau kalimat yang artinya membingungkan. Jadi, pembaca akan lebih mudah menangkap pesan atau makna cerita di dalamnya. Sekarang, agar waktu kita lebih efektif lebih baik kita baca langsung kisah tersebut di bawah ini.

Banting Tulang demi Anak
Contoh Cerita Cerpen tentang Ayah

Aku adalah seorang dosen lulusan universitas Jepang, kiprahku didunia pendidikan tidak diragukan lagi karena memang aku sudah 10 tahun mengajar disebuah kampus di Jogja.

Apa yang aku dapat ini semuanya adalah cita-citaku sedari kecil, dan aku bangga bisa mencapainya di umurku yang sudah 50 tahun ini.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran dari sang ayah yang mengupayakan keberhasilanku. Berkat beliau, aku bisa bersekolah hingga mengelesaikan S3.

Bagiku, ayah adalah orang yang sangat hebat. Beliau mau bekerja keras, tak segan untuk bekerja keras demi keberhasilan keluarga dan anaknya.

Pernah pada suatu ketika pada saat aku masih duduk di bangku sekolah, aku hampir saja putus sekolah karena memang aku tidak tega melihat ayahku yang bekerja keras untuk keberhasilanku dan memberikan nafkah kepada keluarga kami.

Namun ayah melarangku untuk keluar dari sekolah karena memang ayah tidak mau nasib anaknya sama dengan ayahnya hanya kerja serabutan.

Ayah juga pernah menitip pesan yang hingga saat ini masih ku ingat,”Jangan penah menyerah menghadapi masalah, bila kau mulai lelah maka ingatlah selalu niatmu dan cita-citamu yang begitu berharga”, begitulah kata ayah.

Aku merasa meski sudah puluhan tahun kata itu di ucapkan namun masih teringat sangat jelas di memori otaku, karena memang aku sadar bahwa memang karena ucapan tersebutlah aku bisa berhasil seperti sekarang.

Karena mendengar kata-kata tersebut aku yang tadinya hampir saja putus sekolah, mampu menyelesaikan pendidikan hingga jenjang S3.

Ini tentu karena doa dan upaya ayahku yang selalu memberikan dorongan dan motivasi kepadaku hingga aku bisa sukses seperti ini. Meskipun sebenarnya akupun tidak tega melihat ayahku bekerja keras setiap hari.

Namun ayahku tidak suka bila aku keluar dari sekolah dan ikut bersama-sama bekerja serabutan. Ayahku lebih suka bila aku bersekolah hingga kejenjang yang tinggi dan kemudian menjadi sukses.

Karena memang hanya itu yang bisa membuat ayahku bahagia, akhirnya akupun menuruti apa kata beliau dan sampailah aku jadi seperti saat ini.

--- oOo ---

Bagaimana dengan cerita di atas, bagus bukan? Tidak usah khawatir, jika memang karangan cerpen di atas kurang berkenan atau kurang bagus anda masih bisa mencari beberapa karya lain yang sudah disediakan. Dibagian bawah sudah disiapkan beberapa cerita yang tema dan isinya tidak jauh berbeda dengan cerpen di atas.



Tinggal di pilih saja mana yang ingin dibaca. Kalau tidak, rekan pelajar semua juga bisa mencari langsung cerita lain yang diinginkan dengan menggunakan penelusuran situs. Ada banyak cerpen kok, temanya juga banyak. Ya sudah, sekarang silahkan dilanjut, besok kita sambung lagi dengan beberapa kisah menarik lainnya. 

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post