» » » Contoh Cerpen tentang Kesuksesan

Cerpen tentang Kesuksesan – Beberapa hari sibuk dengan banyak rutinitas yang menyita waktu sampai sedikit lupa untuk membagikan berbagai cerita lain yang sedang banyak di butuhkan. Kepada rekan semua yang dari kemarin menunggu kisah dan cerita menarik dari situs ini kami mohon maaf karena baru sempat memberikan sebuah contoh cerpen singkat dengan tema motivasi berikut.

Yang akan kita baca kali ini merupakan salah satu karya sederhana yang menggambarkan sebuah perjuangan seseorang dari nol sampai meraih kesuksesan yang bahkan tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Kisah ini merupakan cerpen singkat tentang kesuksesan dan bisa dijadikan sebagai bahan ide dan motivasi bagi kita semua.


Ada banyak petuah dan ada banyak nasehat yang bisa kita ambil hikmahnya. Selain itu ceritanya juga cukup menarik dan dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami.

Karya ini merupakan karya sederhana yang bisa kita jadikan hiburan sekaligus sebagai tambahan belajar kita semua yang membutuhkan.

Bagi yang ingin membaca kisah cerita pendek tema kesuksesan bisa langsung membaca selengkapnya di bawah ini.

Sukses Kuraih Mimpi
Cerita Inggris Indonesia

Karena tak memiliki modal yang cukup karena terlahir di keluarga biasa saja akhirnya aku memutuskan untuk berhenti, lulus sekolah aku tak lanjutkan studi melainkan langsung fokus mencari uang untuk membantu kedua orang tua. 

Tidak seperti teman-teman lain aku harus memendam keinginanku untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Aku harus menyimpan impianku itu dan berharap kelak bisa mewujudkannya. Aku harus terima, aku harus bersabar karena memang ini jalan hidup yang harus aku lalui. Jujus saja, sebenarnya ini masih terasa berat bagi pemuda seusiaku, “andai saja”, aku hanya bisa berangan. 

Mencari uang pun aku tak bisa banyak memilih karena kemampuan dan keahlianku sangat terbatas sebagai lulusan sma. Dulu banyak yang menasehati, jika tidak akan melanjutkan sebaiknya aku sekolah di kejuruan saja, tapi aku tetap memilih belajar di sma. Ya sudahlah, tak perlu ada yang di sesali, yang terpenting saat ini aku bisa terus berusaha, yang penting aku bisa melanjutkan hidupku meski tertatih. 

Kerja sehari untuk makan sehari, kedua orang tuaku yang semakin tua membuatku tak bisa jauh melambungkan angan. Pernah suatu kali ada teman yang mengajakku kerja di luar daerah tapi mengingat orang tuaku yang sudah semakin lemah maka aku memutuskan untuk tidak ikut. 

“Sabar nak, pekerjaan apapun jika dikerjakan dengan baik dan tekun pasti ada hasilnya…” ucap ayah suatu sore. “Iya pak…”, jawabku singkat. 

Esok hari tidak seperti biasanya ayah mengajakku mencari rumput untuk dua kambing yang kami miliki. 

“Bapak tidak bisa mewariskan banyak harta buatmu nak, mulai besok kedua kambing di rumah menjadi kambingmu… rawatlah dan besarkanlah dengan penuh kasih sayang…”, ucap bapak
“Kenapa pak…”, tanyaku penasaran
“Bapak tidak ingin melihat kamu susah-susah mencari kerja yang hasilnya sangat sedikit… ucapnya, “untuk makan sehari-hari biar bapak sama ibu yang cari, kamu fokus saja mengurus kambing itu…”
“Baiklah pak…” jawabku

Mulai hari itu aku tak lagi bekerja mencari uang tapi hanya mengurusi dua kambing tersebut. Karena hanya dua maka untuk mencari rumput tidak menghabiskan waktu lama dan dalam satu hari masih banyak sekali waktu luang yang aku miliki. Saat itu aku berfikir untuk membantu pekerjaan bapak…

“Sini pak, aku bantu…” ucapku
“Bantu apa, sudah tidak usah, urus aja kambingmu itu…” jawab bapak
“Udah pak, udah cari rumput, udah dikasih makan juga…” jawabku
“Loh, memangnya kambing hanya butuh makan saja, sudah sanah…” ucap bapak

Akhirnya karena tidak boleh sama sekali membantu maka aku kembali ke kandang kambing. Bingung, aku hanya duduk sambil memandangi kedua kambingku yang sedang makan. Tiba-tiba aku ingat apa yang dikatakan bapak tadi bahwa kambing tidak hanya butuh makan. Akhirnya aku mulai menyingsingkan lengan baju, ku putari kandang kulihat apa yang kurang dan tanganku pun langsung bergerak dengan sendirinya. 

Setengah hari ini aku menghabiskan waktu membersihkan lingkungan kandang dan hasilnya memuaskan. Tapi tetap saja, kandang kambing bau dan kurang sehat dan akhirnya aku minta izin bapak untuk memindahkan kandang kambing yang menjadi satu dengan rumahku. Di izinkan, aku siapkan semuanya dan setelah siap semua bapak dan ibu membantuku. Semua kami kerjakan sendiri dan akhirnya kandang kambing sederhana yang terpisah dari rumah sudah digunakan. 

Mulai hari itu aku seperti memiliki semangat baru yang menggebu, terkadang bahkan aku sampai lupa waktu. Sejak dari membuat kandang itu aku semakin rajin mengurus dua kambing milikku itu dan di sela-sela waktu aku juga belajar menanam rambanan untuk pakan kambing di sekitar rumahku, Contoh Cerpen tentang Kesuksesan. Aku berharap jika nanti kambingku sudah beranak rambanan yang aku tanam sudah bisa digunakan jadi akan lebih menghemat waktuku jadi jika kambingku tambah banyak aku tidak akan kualahan mencarikan pakan.

Sesuai pesan bapak yang menyuruhku merawat kambing tersebut dengan baik akhirnya pelan usahaku membuahkan hasil, kambingku beranak. Rasanya senang sekali ketika pertama kali melihat kambing kecil itu. Itu merupakan pengalaman berhargaku, saat itu aku diajari bagaimana menangani kambing setelah beranak. Satu indukan aku mendapatkan dua anak dan sehat semua. 

Begitulah perjalanku saat awal belajar memelihara kambing. Seiring waktu berjalan kambingku tambah banyak dan benar saja karena aku sudah mengantisipasi masalah pakan jadi aku tidak memiliki kendala berarti untuk menyiapkan pakan hijauan yang dibutuhkan.

Tahap pertama sepuluh kambing telah dewasa, saat itulah pertama kali ada pembeli yang datang ke rumah untuk membeli kambingku. Tapi saat itu aku tidak jual, karena sayang dan juga karena ayah berpesan kalau mau jual kambing harus lihat musim. 

Beberapa waktu berjalan, panen pertama di lebaran kurban tahun ini. Aku benar-benar begitu bangga karena sukses mulai dari memelihara sampai menjual kambing super. Dari hasil penjualan pertama itu aku sama sekali tidak menggunakan uangnya. Uang hasil penjualan kambing aku gunakan untuk merombak dan membuat kandang baru yang lebih bagus dan lebih sehat bagi kambing.

Kandang lama aku bongkar dan aku buat kandang baru yang mampu menampung sekitar 50 kambing. Lainnya aku gunakan untuk membeli buku tentang ternak kambing. Perjalanan tak selalu mulus, aku mendapatkan musibah, satu kandang kambing yang aku miliki termasuk indukan ludes di bawa maling. Hanya tersisa dua kambing yang baru saja lahir. Saat itu aku benar-benar frustrasi, jengkel, dendam dan sangat marah, bahkan aku sempat hampir putus asa.

“Selamat nak….” Ucap bapak suatu sore
“Kenapa pak, anaknya baru habis dapat musibah malah dikasih selamat…” ucapku kesal
“Loh, apa kamu tidak tahu, bukannya kamu sekarang tu lagi ujian ya….?” Lanjut bapak
“Apaan sih pak…. Sekolah aja gak!” ku jawab dengan lebih ketus
“Hidup juga ada ujiannya nak, kalau kamu lulus ujian ini maka kamu besok akan menjadi lebih baik….” Ucap bapak, “mau jadi lebih baik atau sukses juga harus di uji sama Yang Kuasa…” lanjutnya.

Benar saja, setelah kejadian itu, meski hanya setengah hati aku tetap menjalankan aktivitasku seperti biasanya. Tapi kali ini aku tidak lupa berdoa, dan hasilnya diluar dugaan. Dua kambing yang ditinggalkan pencuri itu bisa hidup dan menjadi dua kambing betina yang benar-benar sehat dan besar. Tak lama, dari dua kambing tersebut aku mendapatkan empat kambing anakan, sungguh mengagumkan.



Dari kejadian itu keberuntungan dan kebaikan selalu berpihak pada diriku. Aku bisa mengurus kambing dengan lebih baik dan bukan hanya itu aku telah sukses menerapkan pakan tambahan untuk kambing-kambing peliharaanku sehingga mereka cepat besar dan gemuk.


Begitulah, dalam waktu kurang dari lima tahun aku sudah tangguh dan menjadi salah satu peternak kambing teladan di kampungku. Sekarang sudah banyak orang yang belajar kepadaku tentang bagaimana cara ternak kambing yang sukses. Ya, begitulah Contoh Cerpen tentang Kesuksesan, semua dengan usaha, tanpa usaha dan kesabaran dan ketekunan serta keyakinan maka kita tidak akan pernah jadi apa-apa.

--- Tamat ---

About Cerita Inggris Indonesia

Hi..! Cerita Inggris Indonesia adalah website yang berisi berbagai macam cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Disini ada cerpen, cerita rakyat, drama, cerita anak, narrative, legenda, cerita lucu dan banyak lagi cerita lainnya. Silahkan baca mana yang anda suka, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post